Mahasiswa UI Ciptakan Edufia, Platform Bimbingan Online Olimpiade Sains

0
314

KabarLagi.Com—Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) lintas disiplin ilmu berkolaborasi mengembangkan Edufia, yakni sebuah startup pendidikan yang menyajikan materi belajar dalam menghadapi Olimpiade pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) di tingkat SMA/MA/Sederajat.

Peluncuran Edufia dilakukan pada Sabtu (31/10) secara daring yang juga dihadiri oleh Direktur Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) UI Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., MUP, Ph.D.

Edufia diinisiasi oleh Arya Lukmana (Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FKUI) angkatan 2018) di bawah bimbingan Prasandhya A. Yusuf, S.Si, M.T., Ph.D, dosen Departemen Fisika Kedokteran/Klaster Medical Technology IMERI, Fakultas Kedokteran UI, dan dikembangkan bersama tim yang terdiri dari Amrisandha P. Prasetyo (Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) 2018), Ratna Fitranti Lanasiwi (FKUI 2018), Widyanto Hadi Nugroho (Fasilkom UI 2019), Alifia Zahratul Ilmi (juara olimpiade sains), Dara Ariqah Jibril (FKUI 2018), dan M. Ridwan Satria (juara olimpiade sains).

Sementara itu, Blog Edufia yang memuat artikel keilmuan maupun kisah inspiratif dari mereka yang tercatat pernah meraih medali di ajang KSN, dikawal oleh Fasya Rizkiaputri (FKUI 2018), M. Surya Siddiq (juara olimpiade sains), dan Ghayda Nafisa Assakura (FKUI 2019).

Edufia merupakan perusahaan yang dirintis di bawah pengelolaan DISTP UI. Direktorat tersebut mendukung semangat kewirausahaan sivitas akademika UI dan sangat mengapresiasi kontribusi mahasiswa yang turut memberikan kemudahan akses pembelajaran bagi anak-anak bangsa. Melalui Edufia, para siswa akan memperoleh materi dan latihan soal terbaru dan orisinal sesuai bidang masing-masing.

Pada perilisan pertama, Edufia menyajikan tiga mata pelajaran, yaitu Astronomi, Kimia, dan Ekonomi, dari total sembilan mata pelajaran yang terdapat dalam Kompetisi Sains Nasional. Edufia memiliki mitra pengajar yang merupakan putra-putri terbaik bangsa, baik mahasiswa/alumni UI maupun perguruan tinggi lainnya, yang sudah membawa nama baik Indonesia di kancah internasional di bidang olimpiade sains.

Selain itu, Edufia juga memiliki forum tanya-jawab untuk menciptakan iklim pembelajaran yang positif melalui partisipasi aktif antar pejuang olimpiade dengan bertukar ilmu dan menyelesaikan berbagai soal. Edufia mengemas EduClass dengan metode gamifikasi agar siswa menjadi lebih terpacu dalam mempelajari materi-materi olimpiade.

Arya Lukmana, penggagas Edufia, menuturkan, “Melalui Edufia, harapannya, kami dapat berpartisipasi dalam mencerdaskan segenap anak bangsa, khususnya dengan mempertemukan para mahasiswa berprestasi selaku mentor dengan para siswa dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Edufia menyediakan materi belajar KSN premium yang dibuat langsung oleh mentor berprestasi di bidangnya.

Materi yang disajikan berkualitas tinggi serta dijamin orisinalitasnya dan dapat diakses dengan harga terjangkau bagi siswa-siswi Indonesia. Edufia juga memfasilitasi uji kemampuan dengan adanya kuis dan soal-soal KSN. Soal disusun oleh mentor dengan kualitas terbaik serta relevan dengan topik yang berkaitan.”pungkasnya.