Kabar Utama

Bibit Samad Rianto: Pemberantasan Korupsi Ada pada Sistem dan Moral.

Jakarta, Kabarlagi.com – Bukan rahasia Umum, bahwa masalah korupsi di Indonesia telah menjadi benang kusut. Kemudian kasus korupsi di Indonesia pun semakin menggurita dan berskala luas. Semua level pemerintah terpapar kasus korupsi yaitu sampai di level desa.

Dalam agenda seminar nasional memperingati hari anti korupsi sedunia, Ketua Umum Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Bibit Samad Rianto mengatakan bahwa pemberantasan korupsi di Indonesia ada pada masalah sistem dan masalah moral.

“Terkait dapat memberantas kasus korupsi di Indonesia, kunci ada pada masalah sistem dan masalah moral,” kata Ketua Umum GMPK Bibit Samad Rianto diwawancara oleh wartawan Kabarlagi.com, (09/12).

Sistem yang dimaksud diterangkan oleh Bibit yaitu mencakup sistem politik, ekonomi, sosial, budaya hukum dan pertahanan keamanan, pengelolaan sumber daya manusia dan sumber daya alam, geografi, dan birokrasi.

Sistem tersebut harus ditata oleh negara dan masyarakat saat ini. Walaupun Bibit menuturkan bawah sistem yang sekarang sudah baik, “sistem sekarang ini sudah baik, tapi harus diperbaiki lagi,” ujar Bibit.

Mantan Komisioner KPK ini juga mengatakan bawah masalah moral menjadi masalah utama berkembang biaknya korupsi di Indonesia.

“Moral kita sudah terdegradasi, sampai pada moral bangsa yang sempit yaitu aku dapat berapa kamu dapat berapa,” terangnya.

Moral tergadai oleh transaksi politik yang picik. Dan moral bangsa tersebut harus dikembalikan pada idealisme realisme yaitu elite dan pemerintah harus merasa cukup.

“Cukup hidup itu terpenuhinya sandang, pangan, papan, dari gaji kita. Termasuk kita bisa menyekolahkan anak, bisa menabung, dapat tunjangan, rekreasi dengan keluarga, dan lain-lain,” tuturnya.

Diskusi publik tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah Rustan Rewa.

Ia pun membenarkan bahwa masalah moral dan sistem menjadi kunci pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Instansi yang terpapar kasus korupsi di semua level termasuk di daerah itu, masalah kuncinya moral,” tegas Rustan Rawa.

Seminar nasional digelar pada Senin 09 Desember 2019 bertempat di Kantor GMPK Jalan Budi Raya No 9 Kemanggisan Jakarta Barat, dengan tema Masyarakat Sejahtera Tanpa Korupsi.[Zas]

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close