Kabar Utama

Bangun Ekonomi Kerakyatan, Pemerintah Harus Gunakan KUNMAP

Jakarta- Orang mungkin masih bisa kerja tanpa alat bantu. Namun dengan alat bantu akan menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih akurat, lebih efektif.

Hal tersebut disampaikan KUNMAP Founder, Singgih Supriyanto saat dikonfirmasi. Rabu (1/1/2020).

“Itulah alasan kenapa alat bantu dibuat.
KUNMAP adalah alat bantu dalam bidang pendataan dengan basis peta, atau istilah teknisnya geospasial,”ujarnya.

Menurut Singgih Kenapa pendataan diperlukan. Sebab bekerja tanpa data hanya akan mengira-ira, untung untungan.

“Ibarat berjalan dalam kegelapan tidak tahu didepan ada jurang atau tidak,”katanya.

Selain itu basis peta juga sangat diperlukan. Sebab selama obyek dan subyek yang terlibat dalam sebuah kegiatan tersebut masih menempati ruang baik di langit ataupun dibumi maka perlu diketahui posisi keberadaannya.

“Tanpa diketahui posisinya maka ibarat maukirim surat, tidak tahu alamat yang dituju, dipastikan tidak akan pernah sampai. Jadi itulah fungsi peta,”ujarnya.

Sambung Sigit Kunmap sama hal dengan peta dan data KUNMAP UNTUK INDONESIA (KUI) adalah sub domain khusus yang disiapkan untuk membantu Indonesia mengelola potensi desanya.
https://kunmap/net/kui.Selanjutnya 70 ribu lebih desa di Indonesia tidak mungkin dikelola tanpa alat bantu apalah penduduk Indonesia mayoritas tinggal di desa.

” Potensi kekayaan alampun mayoritas di desa. Potensi budidaya juga mayoritas ada di desa jadi perlu alat bantu untuk memetakan potensi tersebut,”katanya.

Pemetaan(pendataan) dalam satu platform KUNMAP, ibarat memotret dalam bingkai yang sama, potensi desa harus dirajut dan integrasikan satu dengan yang lain.

Selain itu dengan Kunmap
sumber daya desa dikelola dengan melibatkan masyarakat yang dibimbing oleh tenaga ahli yang mumpuni. Anggota Dewanpun sebagai wakil rakyat turut serta dilibatkan.

“Tujuan jangka panjangnya adalah ekonomi kerakyatan. Rakyat mampu menguasai pangsa pasar di negeri sendiri. Untuk itu KUNMAP akan mengawal terwujudnya sistem distribusi produk pedesaan yang serentak dan menyeluruh,”katanya.

Terkahir KUNMAP mengatur segala sesuatu terukur dan efesien baik distribusi produk dari desa maupun kebijakan anggaran dari pusat. Kontrol pemakaian APBN, APBD untuk kesejahteraan masyarakatpun dapat dimonitor secara online.

“Semoga KUNMAP mampu mewujudkan Indonesia yang lebih beradab,”tuturnya.

Pemakaian KUNMAP bisa
melalui Playstore dengan kata kunci kunmap, kemudian silahkan instal.

  1. Gunakan user:demo password:demo untuk memantau peta desa, sarana input pasokan dan kebutuhan komoditi pokok seluruh desa di Indonesi
  2. Gunakan user:cianjur password:view untuk melihat salah satu potensi lahan baku dengan basis bidang (sawah, tegalan, kolam, kandang).
  3. Ada beberapa user dan password lain yang untuk akses berexplorasi ke unit usaha lain: pdam, pln, dsb.

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close