Kolom

Haornas 2020 Sebagai Ajang Pembentukan Karakter Melalui Olahraga


(Oleh : Andi Maulana)
ANGGOTA TIM BADMINTON PB. KOMBINASI KOTA DEPOK

KabarLagi.Com–Mengungkapkan karakter seseorang merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan yang satu dengan yang lain sehingga mamppu menjadi berkarakter dengan memiliki watak dan berkepribadian. Artinya, selalu mengaplikasikan nilai kebaikan akan kepribadian dengan melakukan tindakan seimbang tingkah lakunya. Di dalam karakter seseorang terdapat beberapa nilai yang dianut, seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, kedamaian, respek terhadap diri sendiri/percaya diri dan menghormati peraturan yang ada. Sebagai contoh yaitu nilai kejujuran, bagaimana seseorang yang selalu dapat dipercaya baik dalam segala perkataan seimbang dengan tindakan maupun sesuatu yang dikerjakannya. Ditunjang pula dengan sikap kedisiplinan, kerja keras, kreatif, mandiri, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai dan lain sebagainya.

Membicarakan dunia olahraga pun memerlukan kejujuran dan keterbukaan. Olahraga itu sendiri sesungguhnya berfungsi membangun sifat jujur dan terbuka, serta berbagai karakter positif lainnya. Karena itu, pembahasan olahraga perlu dilakukan secara terbuka tanpa menyalahkan siapa-siapa, termasuk menerima kritikan secara jujur guna melakukan perbaikan. Olahraga pada hakikatnya adalah miniatur kehidupan. Pernyataan ini mengandung maksud bahwa esensi-esensi dasar dari kehidupan manusia dalam keseharian dapat dijumpai pula dalam olahraga.

Olahraga juga mengajarkan kita kepada kedisiplinan, jiwa sportif, tidak mudah menyerah, jiwa kompetitif yang tinggi, semangat bekerjasama, mengerti akan aturan dan berani mengambil keputusan kepada seseorang. Olahraga dalam kehidupan manusia memiliki eksistensi yang signifikan. Olahraga dapat dikatakan sebagai miniaturnya kehidupan, menembus tingkatan atau tatanan masyarakat. Olahraga disebut sebagai minaturnya kehidupan, karena seluruh komponen manusia yang meliputi komponen kognitif, afektif, dan psikomotorik bekerja saat melakukan olahraga.

Pada intinya, Olahraga merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai alat pembentukan karakter manusia. Olahraga dengan slogan sport for all, merupakan langkah awal yang strategis menuju pembentukan karakter. Pembentukan karakter selain dilandasi oleh budaya nasional juga diwarnai oleh budaya dan ciri khusus cabang olahraga yang sedang dilakukannya. Olahraga merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai alat pembentukan karakter manusia. Olahraga dengan slogan sport for all, merupakan langkah awal yang strategis menuju pembentukan karakter. Pembentukan karakter selain dilandasi oleh budaya nasional juga diwarnai oleh budaya dan ciri khusus cabang olahraga yang dilakukan.

Selamat Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020.
“Sport Science, Sport Industry, and Sport Tourism.”

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close