Kabar Utama

Vokasi UI Gelar Bincang Industri Bahas Tantangan Profesi Pascapandemi COVID-19

KABARLAGI.COM, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menggelar Bincang Industri bertajuk “Tantangan SDM Vokasi di Era 4.0 Pascapandemi COVID-19” pada Selasa (6/10/20).

Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Bincang Industri yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta secara daring ini menghadirkan tiga pembicara yang merupakan mitra Vokasi UI, yaitu Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Junaedi, CEO Media Group Mohamad Mirdal Akib, serta Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dr. Hermawan Saputra.

Bincang Industri ini dilakukan untuk mendapatkan informasi terkini tentang kebutuhan tenaga kerja dan bagaimana transformasi profesi di era pasca COVID-19 pada sektor pemerintahan, industri media dan sektor kesehatan.

Direktur Vokasi UI Prof Sigit Pranowo Hadiwardoyo, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (7/10/20) mengatakan bahwa pandemi COVID-19 menghadirkan tantangan untuk melakukan perubahan pola kerja dan kebiasaan dalam pengajaran, pekerjaan dan tatanan kehidupan lainnya.

“Kita dituntut mampu mendidik mahasiswa bekerja dari rumah karena mungkin cara bekerja pada beberapa industri di masa depan akan terus seperti ini,” kata Sigit.

Sigit juga menyebutkan bahwa Vokasi UI telah menerapkan kurikulum 321, yaitu mahasiswa selama 3 semester belajar di kampus, 2 semester belajar di industri dan 1 semester magang.

Selain itu, Vokasi UI kata Sigit juga membekali mahasiswa dengan sertifikat kompetensi. Menurutnya, vokasi UI juga secara regular melibatkan industri dalam pembaharuan kurikulum.

“Kedekatan dengan industri telah menunjukkan hasil seperti lulusan Vokasi UI mampu terserap kurang dari 3 bulan setelah wisuda,” pungkasnya.[]

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close