Kabar Utama

Ketua MPR Yakin Pemerintah Terbuka Terima Masukan Pro Kontra Pilkada di tengah Pandemi Covid-19

KABARLAGI.COM, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo berpendapat, pandemi tidak boleh menghalangi kita untuk bekerja dan berkinerja dengan memanfaatkan teknologi dan protokol kesehatan. Demikian pula di tengah suasana keprihatinan, kita harus menerapkan akal sehat dan keterbukaan pemikiran, terutama dalam menyikapi agenda Pilkada.

Menurut Bambang Soesatyo, saat ini terjadi polemik antara tetap dilaksanakan atau ditundanya Pilkada serentak.

“Saya meyakini pemerintah masih membuka ruang untuk mempertimbangkan masukan, aspirasi pro dan kontra untuk mengambil keputusan,” kata Bambang Soesatyo saat menyampaikan pidato kunci seminar daring ‘Pilkada di Masa Pandemi’, yang digelar oleh Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI), Senin (12/10).

Bambang Soesatyo bilang bahwa pelaksanaan pilkada di 270 daerah memang dilematis. Di satu sisi Covid-19 yang masih meningkat, tentunya menjadi kekhawatiran justru menjadi pemicu lahirnya klaster baru. Di sisi lain, hak politik dan hak konstitusi publik untuk memilih dan dipilih juga harus dipenuhi.

Bambang menambahkan, penyelenggaraan pilkada memfasilitasi pergantian pemimpin kepala daerah merupakan wujud implementasi tradisi demokrasi yang sehat.

“Diharapkan seminar ini mampu menggali guna memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi pemerintah,” ujar Bambang Soesatyo.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar itu, antara lain Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal M. Piliang; asisten Deputi Bidang Koordinasi Bidang Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Parpol Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Brigjen TNI Yusran Yunus; Guru Besar FISIP UI, Valina Singka Subekti; dan Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi UI, Eko Prasojo. Moderator diskusi dosen FISIP UI, Imam B. Prasodjo.[]

Tagar

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close