Kabar Utama

Lab PCR Terbatas, Helix Laboratorium Meluncurkan Program Khusus

KabarLagi.Com— Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Helix Laboratorium (Helix Lab) menggelar launching melalui webinar berjudul “Untuk Pahlawan Pandemi 2020”. Agenda ini bekerjasama dengan Fusi Foundation serta menggaet Ketua Tim Koordinator Nasional Relawan Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 sekaligus ketua Ikatan Alumni (ILUNI) UI, Ketua ILUNI FTUI, Tenaga Ahli Helix Lab, Ketua Fusi Foundation serta Owner Helix Lab sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Hendri Ramadhan selaku owner Helix Lab mengatakan bahwa alasan mendirikan Helix Lab ini adalah karena keresahannya akan keterbatasan fasilitas laboratorium (Lab) Swab PCR di Depok, terutama di masa pandemi covid-19. Saat itu fasilitas tersebut hanya dimiliki oleh dua Rumah Sakit (RS) di Kota Depok.

“Ada keresahan karena di Depok fasilitas lab Swab PCR hanya tersedia di RS UI dan RS Citra Arafiq. Sehingga kami memutuskan untuk berkontribusi membangun fasilitas tambahan bagi masyarakat Kota Depok,” ujar Alumni Fakultas Teknik Industri UI ini saat mengisi webinar, Selasa (10/11/2020).

Hendri memulai persiapan pendirian Helix Lab ini pada Juli lalu. Ia mengaku proses ini hingga perizinan dari berbagai lembaga kesehatan berlangsung cukup singkat, hanya sekitar dua sampai tiga bulan saja.

Sejak didirikan, pria yang sudah berkecimpung cukup lama berkecimpung di dunia laboratorium ini menyatakan bahwa warga Depok sangat mengapresiasi adanya fasilitas Helix Lab ini. Hal tersebut dikarenakan dalam sehari, Helix Lab bisa memeriksa hingga 1500 sample tanpa jeda hari untuk memperoleh hasil uji.

“Dalam satu shift atau 8 jam kerja, kami bisa memeriksa 500 sampel. Saat ini sedang running dua shift, sehingga dapat mencapai 1000 sampel dalam dua shift tersebut,” tuturnya.

Lab milik alumni UI ini dinilai memiliki kemampuan istimewa dengan biaya pengujian Swab PCR yang terjangkau bila dibandingkan instansi lain dengan metode uji sejenis serta waktu yang efektif, efisien, dan terjaga akurasi hasilnya.

“Sebenarnya sebelum ada batas atas biaya pemeriksaan untuk PCR, kami lihat waktu itu harga pemeriksaan tidak terjangkau masyarakat, sekitar di atas RP 1 juta. Sehingga kami mencoba mengakomodasi agar harganya tidak terlalu tinggi,” ungkapnya.

Selanjutnya, rencana pengembangan laboratorium ini adalah dengan menyiapkan model pengujian berbasis Mobile Lab dan Portable PCR Swab bagi para VVIP maupun jenis pengujian lainnya. Kelebihan dari Helix Lab sendiri adalah memiliki kapasitas tes terbesar di Depok, hasil rapid test dapat keluar dalam 20 menit, serta adanya home/office care di mana pelayanan dapat dilakukan di rumah atau kantor.

Untuk diketahui, Helix Lab terletak di Jalan Prof. Lafran Pane nomor 13, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Laboratorium ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Saat ini Helix Lab sedang mengadakan promo cashback 5% untuk Swab Test PCR, Swab Test Antigen, dan Rapid Test Covid-19 mulai 10-16 November 2020 dengan cara segera daftar di https://bit.ly/mitrahelixlab.

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close