Soal Kasus HRS, Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Bertanggung Jawab

0
423

KabarLagi.Com- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan pendapatnya mengenai kasus kepulangan Habib Rizieq Shihab yang menimbulkan rentetan kejadian hingga saat ini. Menurutnya, rentetan kasus tersebut bermula saat Menkopolhukam, Mahfud MD mengizinkan penjemputan kepulangan HRS, di Bandara Soekarno Hatta (10/11) lalu.

“Menurut saya semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statement dari Pak Mahfud yang mengatakan penjemputan HRS itu diizinkan, disitulah menjadi tafsir dari ribuan orang yang datang ke bandara selama tertib dan damai boleh, maka terjadi kerumunan yang luar biasa. Jadi beliau juga harus bertanggung jawab, tidak hanya kami-kami kepala daerah yang dimintai klarifikasi,” tutur Ridwan Kamil, Rabu (16/12/20).

Menurut Ridwan Kamil, pernyataan Mahfud MD yang mengizinkan penjemputan HRS asal tertib dan damai menimbulkan tafsir yang berbeda dari masyarakat. Sehingga, dirinya mendesak Mahfud untuk bertanggung jawab dan memberikan klarifikasi.

“Dalam Islam adil itu menempatkan sesuatu pada tempatnya, jadi beliau juga harus bertanggung jawab. Jangan hanya kami kepala daerah yang dimintai klarifikasi, semua punya peran yang perlu diklarifikasi,” tuturnya.

Selanjutnya, mantan Walikota Bandung itu juga meminta perlakuan hukum yang sama terhadap semua kepala daerah yang terlibat dengan kerumunan tersebut untuk diperiksa.

“Kalo Gubernur Jawa Barat diperiksa, DKI diperiksa, kenapa peristiwa di bandara tidak diperiksa? Berartikan harusnya bupati tempat bandara yang banyak itu, gubernurnya juga harusnya mengalami perlakuan sistem yang sama seperti yang saya alami sebagai warga negara yang baik,” pungkasnya.