CODE Syndicates Nilai Pansel KPU-Bawaslu RI komposisi Ideal

0
42

KabarLagi.Com — Menanggapi berbagai komentar terkait pembentukan pansel anggota KPU dan Bawaslu RI, Center of Electoral and Democracy Syndicate (Code) Syndicate menilai bahwa pansel yang diterbitkan melalui Keppres nomor 120/P tahun 2021 tertanggal 8 Oktober 2021 adalah yang terbaik. Hal itu diungkapkan Direktur Code Syndicates Azwar Muhammad kepada wartawan, Selasa 12 Oktober 2021.

“Kami menilai pansel anggota KPU dan Bawaslu RI adalah yang terbaik dengan komposisi yang seimbang antara kepentingan pemerintah dan kelompok masyarakat kritis terhadap pemilu,” ujar Azwar.

Dengan komposisi tersebut, ada keterwakilan dari pengatur jalannya roda pemerintahan saat ini yang diharapkan dapat menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan. Namun juga mengakomodir kelompok kritis jalanan yang selalu bersikap berlawanan dengan pemerintah.

“Misalnya di pansel ada Airlangga Pribadi, Betty Alisjahbana dan Poengky Indarti. Ketiganya adalah kelompok kritis yang berangkat dari dunia aktivis sosial demokrasi,” tutur pria asal NTB.

Selain itu, ada akademisi yang juga dinilai mampu bersikap objektif terhadap kondisi kekinian seperti Hamdi Muluk, Endang Sulastri dan Abdul Ghaffar Rozin yang selama ini bersikap di tengah.

“Kami berharap adanya sosok akademisi yang selama ini telah bersikap objektif terhadap kinerja pemerintah dapat juga menghasilkan penyelenggara pemilu yang berkualitas dan berintegritas agar mampu menghasilkan output pemimpin dan para wakil rakyat yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” tandas Azwar.