Minger, Mesin CNC Plasma Cutting Karya Anak Lombok Barat

0
173

Lombok Barat – Geliat Industrialisasi di Lombok Barat tengah menggeliat, sejak tahun 2000, diawali dari didapatkannya bantuan sebuah mesin Roasting Kopi yang tidak berfungsi baik, membuat salah seorang pegawai Dinas Perindustrian Lombok Barat, Putra Patriahardi mengumpulkan beberapa Pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) yang bergerak di bidang rekayasa mesin di Lombok Barat untuk berkumpul.

Demikian diceritakan Agus Putrawan Hardy, M.Eng. Pembina Industri Logam, Disperindag Lobar. Saat meluncurkan Mesin CNC Plasma Cutting Merk MINGER dihadapan ratusan IKM Lombok Barat, Selasa, 15 November 2022 di Hall Hotel Montana Senggigi Lombok Barat. ” Sejak tahun 2000 itulah, setiap tahun selalu ada produk yang dihasilkan oleh IKM binaan Dinas Perindustrian Lombok Barat, di tahun 2022 ini, kita keluarkan Mesin CNC Plasma Cutting dengan merk MINGER, kenapa namanya MINGER? Filosofinya adalah mesin plasma akan bekerja sesuai dengan desain yang sudah di buat di komputer (Minger, bahasa Sasak yang artinya faham/mengerti), selain itu minger juga merupakan akronim dari bahasa lombok yang berarti, Minaq, Ngerisaq, Endak Raguan atau Buat, Servis, Jangan Ragukan. Ini sebagai suar untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa produk-produk lokal juga tidak kalah dengan produk luar jadi jangan pernah ragukan lagi produk lokal, sehingga harapannya kedepan, produk-produk IKM lokal menjadi tuan rumah didaerah sendiri jelas Magister Teknik Universitas Gadjah Mada ini.

Mesin CNC plasma cutting sendiri merupakan mesin yang memiliki kemampuan memotong plat berbagai jenis logam maupun material lain dengan akurasi yang tinggi.

Pemilihan plasma cutting bukanlah sesuatu yang asal mengikuti trend industri saja, namun memang pada dasarnya teknologi ini memiliki berkekuatan tinggi. Alat ini mampu memotong bahan setebal apapun dengan tingkat akurasi mengagumkan. Harganya memang terbilang mahal, namun ini adalah investasi terbaik yang akan menjadi laba berkepanjangan.

Menyadari pentingnya fungsi mesin CNC Plasma Cutting dalam usaha rekayasa mesin maupun hal terkait dengan pemotongan besi sesuai desain yang diinginkan, salah satu pelaku IKM Industri Lombok Barat yang juga ketua ASPPEL (Asosiasi Pengusaha dan Perajin Logam) NTB berdiskusi dengan Dinas Perindustrian Lombok Barat untuk membuat Mesin CNC Plasma Cutting.

Proses pembuatan mesin ini sendiri diawali dengan membuat gambar mesin CNC yang di desain oleh Pelaku IKM Lombok Barat juga yang berasal dari Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat bernama Saiful Haq. Alumni Fakultas Teknik Universitas Mataram ini menyelesaikan gambar mesin CNC Plasma Cutting kemudian dilanjutkan dengan pembuatan fisik mesinnya di Bengkel IKM di Desa Lembar Lombok Barat.