Kabar Nusa

Bus Standar Protokoler Kesehatan Siasati Wabah Di Tranportasi Umum

SEMARANG — Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Arman Achdiat SIK MSi, memuji kreasi bus penumpang yang dirancang menyesuaikan standar protokol kesehatan. Disain bus mengatur tempat duduk mengikuti ketentuan physical distancing sebagai terobosan baru sekaligus menyongsong Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) menyiasati wabah Covid – 19 di ranah transportasi umum.

“Terus terang saya tertarik melihat kreasi bus penumpang yang kursinya tersusun tiga baris masing-masing berisi satu seat guna menciptakan jarak aman antarpenumpang. Inovasi dibidang otobis ini membuktikan bahwa betapapun buruk kondisinya seiring pandemi Covid – 19 pasti terkandung jalan keluar. Termasuk menyiasati protokol kesehatan di sarana transportasi umum, juga ada solusinya,”kata Arman Achdiat di sela-sela kunjungan kerja di Ungaran, Rabu (8/7/2020).

Perwira polisi lulusan Akpol 1992 ini berniat mengetahui lebih detil inovasi sejenis demi mendukung tugas-tugas polisi lalu lintas, khususnya di masa pandemi Covid-19. Dia meyakini prototype bus ini memantik kreasi baru lainnya dibidang angkutan umum.

Meski begitu Arman Achdiat mengingatkan, inovasi angkutan umum tidak menabrak standar keselamatan sebagaimana ketentuan. Menurut dia keselamatan dan kesehatan sama-sama dibutuhkan pemilik dan pengguna angkutan umum. Begitupun keselamatan dan kesehatan pengguna kendaraan selama berada di jalan umum adalah dua hal yang menjadi prioritas Polantas.
Sebagaimana diketahui, perusahaan karoseri di Ungaran memperkenalkan bus penumpang mengadaptasi protokol kesehatan Covid-19.

Konstruksi posisi tempat duduknya diubah, dari dua lajur menjadi tiga lajur. Formasi tempat duduknya berpola 1-1-1. Demikian pula sandaran tangan penumpang dibuat mandiri, terpisah dari sandaran penumpang lain.

Jarak fisik terdisain presisi. Penumpang satu dengan lainnya tidak lagi berdekatan mencegah potensi transfer virus corona antarpenumpang. Secara keseluruhan rancang bangun tempat duduk bus mengacu standar kesehatan. Bus kreasi karoseri di Ungaran ini dibuat mengikuti persyaratan physical distancing.

Produk yang diberi nama Legacy SR2 merupakan prototype, kabarnya sudah dipesan salah satu perusahaan angkutan penumpang.Dilengkapi HEPA filter dan sinar UV, berkapasitas 36 penumpang. Pada setiap kursi penumpang tersedia seat belt atau sabuk pengaman serta hand rest atau sandaran tangan, memungkinkan semua penumpang nyaman dan aman menempati kursinya.

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close