Kabar Utama

Persiapan Menghadapi PSBB, TurunTangan dan PT PPA Berikan Amunisi untuk Garda Penanganan Covid-19

KABARLAGI.COM, Jakarta akan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan kebijakan Rem Darurat yang ditetapkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan.

Melihat keadaan ini, Gerakan TurunTangan berkolaborasi dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) Tbk untuk memberikan amunisi berupa Alat Pelindung Diri (APD), alat kebersihan, dan paket nutrisi kepada tenaga kesehatan serta petugas pemakaman yang ada di tiga titik sekaligus, yaitu Wisma Atlet, TPU Tegal Alur, dan juga TPU Pondok Ranggon.

CSR Officer PT PPA, Agung Yulianto mengatakan PPA sebagai salah satu BUMN di Indonesia mempunyai kewajiban untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Selain itu, dengan segala upaya PT PPA kata Agung ingin berkontribusi membantu petugas di garda terdepan yaitu tenaga kesehatan dan juga garda paling akhir yaitu petugas pemakaman.

“Dalam menyalurkan bantuan, kami dibantu oleh relawan dari TurunTangan” kata Agung Yulianto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (14/9/20).

Gerakan TurunTangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan sejak tahun 2013. Hari ini, sebanyak 63 kota/kabupaten se-Indonesia telah bergerak di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan.

Tercatat lebih dari 53.000 relawan yang telah memilih untuk terlibat. Dalam seminggu terakhir, kasus COVID-19 naik lebih dari 3.000 kasus setiap harinya.

Keadaan ini tentu mengkhawatirkan dan membuat Gerakan TurunTangan serta PT PPA tergerak untuk membantu perjuangan garda terdepan penanganan COVID-19, di antaranya adalah tenaga kesehatan dan petugas pemakaman, dengan memberikan amunisi.

Amunisi yang diberikan Gerakan TurunTangan serta PT PPA berfokus pada tiga jenis, yaitu APD (terdiri dari hazmat, face shield, dan masker), alat kebersihan (berupa cairan disinfektan, sabun cuci tangan, sabun mandi, shampoo, dan detergen), serta paket nutrisi yang berisi minuman isotonik dan jus.

Total sebanyak 1.600 pcs paket total senilai Rp150.000.000 disiapkan untuk tenaga kesehatan serta petugas pemakaman tersebut disalurkan oleh tim Gerakan TurunTangan dan PT PPA pada hari Senin, 14 September 2020.

Penyaluran dilaksanakan pada pukul 09:00 WIB, dimulai dari Wisma Atlet, kemudian berpindah ke TPU Tegal Alur, dan terakhir berada di TPU Pondok Ranggon.

Azmi Kautsar, relawan TurunTangan mengatakan pihaknya melihat saat ini sudah banyak sekali kasus COVID-19 di Indonesia.

Bahkan kata Azmi saat tim TurunTangan berada di TPU Ranggon, ada empat mobil jenazah harus mengantre jenazahnya dikebumikan dengan protokol Covid.

“Semoga apa yang bisa kami berikan dapat setidaknya meringankan beban para petugas yang telah berjuang di pandemi ini,” kata Azmi.

Gerakan TurunTangan dan PT PPA berharap, semua elemen masyarakat dapat bertahan dan terus berjuang untuk menghadapi pandemi yang telah berlangsung selama enam bulan ini.

Tetap patuhi protokol kesehatan agar pandemi ini segera berlalu sehingga keadaan berangsur-angsur dapat menjadi normal kembali.[]

Tagar

Related Articles

Back to top button
Close