Kabar Utama

Banjir dan Tanah Longsor Landa Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

KABARLAGI.COM, Banjir melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (23/9), pukul 16.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNP Raditya Jati mengatakan banjir dipicu oleh meluapnya sungai Paiman.

“Banjir dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi hingga mengakibatkan debit air Sungai Paiman meluap,” kata Raditya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (24/9/20).

Raditya mengatakan berdasarkan antauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan kini genangan air berangsur surut di kecamatan tersebut.

“Tim di lapangan melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Di samping itu, BPBD juga menginformasikan kerugian masih dalam pendataan tim di lapangan,” katanya.

Selain banjir, tanah longsor juga terjadi di Pesisir Selatan. Akibatnya akses jalan dari Padang Paiman menuju Bengkulu tertimbun material longsor.

“BPBD juga melaporkan rumah rusak berat 1 unit akibat peristiwa ini,” katanya.

Raditya menyebut, Kabupaten Pesisir Selatan termasuk kawasan dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

“Sebanyak 12 kecamatan berada pada potensi tersebut. Hal serupa juga pada potensi bahaya tanah longsor. Sebanyak 12 kecamatan dengan luas 357.847 hektar berada di zona potensi tanah longsor,” tandasnya.[]

Tagar

Related Articles

Back to top button
Close