TurunTangan x KitaBisa, Membagikan Makanan Gratis untuk Orang Pinggiran

0
53

KABARLAGI.COM, Penyebaran virus Corona di Indonesia semakin meluas, sehingga
pemerintah memperpanjang kebijakan PSBB yang membatasi aktivitas masyarakat.

Pada masa PSBB ini, masyarakat tetap mencari cara bagaimana mereka dapat menopang kebutuhannya agar keberlangsungan hidup mereka terjaga.

Pandemi membuat masyarakat kesusahan mencari nafkah, khususnya pekerja informal. Dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Sehingga para pekerja informal, seperti para pedagang asongan, petugas kebersihan, buruh, pemulung akan tetap keluar rumah mencari nafkah untuk makan.

Bahkan sekarang masyarakat sudah tidak memikirkan lagi untuk melawan pandemi ini,
melainkan melawan kelaparan.

Melihat kondisi ini, TurunTangan dan KitaBisa berinisiatif untuk membagikan 700 paket
makanan selama satu pekan, dari tanggal 30 September sampai 6 Oktober 2020.

Program BisaMakan ini adalah program yang diinisiasi KitaBisa untuk membantu memberi makanan kepada saudara-saudara kita yang kelaparan.

TurunTangan menyalurkan paket makanan gratis ini ke daerah DKI Jakarta. Paket ini dibagikan menggunakan sepeda motor oleh relawan TurunTangan.

Setiap harinya relawan membagikan paket makanan dari pagi hari sampai malam hari.

“Walaupun pandemi ini adalah situasi yang sulit untuk kita semua, tapi saya ingin tetap
membantu masyarakat. Karena saya sebisa mungkin ingin membantu masyarakat agar tetap tersenyum,” kata Praditya Ananda Riyanto, salah satu relawan TurunTangan yang setiap hari membagikan makan dalam program #BisaMakan.

Selain itu, program ini dibantu oleh pedagang Tahu Bulat yang juga turut ikut membagikan paket makanan di daerah DKI Jakarta khususnya, Jakarta Selatan.

Tak hanya keliling menjual tahu
bulat, mereka juga berhenti di titik tertentu agar orang-orang dapat menghampiri truk TahuBulat dan mendapatkan makanan gratis. Pendistribusian bersama pedagang tahu bulat juga dibantu oleh relawan yang ikut. Relawan juga membagikan makanan dan tahu bulat gratis.

“Tahu bulat gurihnya bikin baper, tetap jaga jarak, jangan lupa pakai masker” – itulah tulisan yang dikutip dari banner yang terdapat pada mobil pickup tahu bulat sebagai campaign kepada masyarakat untuk mengingatkan agar tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Harapannya, program ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh pademi ini. Selain itu juga,ternyata banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan kita. Semoga
kegiatan #BisaMakan ini bisa memantik kebaikan-kebaikan lainnya,“ Ujar Azmi Kautsar Alim, selaku Program Strategic TurunTangan.[]