Kabar Utama

Komitmen Pengmas SKSG UI Edukasi Forum Anak di Tengah Pandemi Covid-19

KABARLAGI.COM, Ketua tim pengabdian masyarakat (pengmas) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI), Renny Nurhasana berpandangan, saat ini pandemi Covid-19 berdampak ke berbagai sektor, salah satunya dunia anak-anak.

Kegiatan belajar di sekolah dihentikan untuk sementara waktu demi menekan laju penyebaran virus, sehingga banyak anak yang harus belajar dari rumah. Selain itu, kebijakan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga masih diperpanjang ketat di sekitar Jabodetabek.

Menurut Renny, dalam situasi demikian, memberikan informasi kepada anak tentang virus Corona tidaklah mudah. Cara menerangkan yang kurang tepat bisa membuat anak tidak memahami bahaya virus Corona atau justru merasa takut.

“Karenanya orang tua perlu tahu cara yang tepat untuk menjelaskan virus Corona kepada anak,” kata Renny, Jumat (09/10/20).

Renny mengatakan, maraknya berita terkait Covid-19 kerapkali muncul di berbagai saluran media.

Belum lagi kebijakan pemerintah menimbulkan banyak perubahan drastis dalam kehidupan sehari-hari yang dampaknya juga turut dirasakan oleh anak-anak. Hal-hal tersebut dapat membuat anak merasa bingung dan cemas.

“Supaya anak tidak makin bingung atau panik, orang tua dan orang dewasa di sekitarnya perlu mengetahui cara yang tepat untuk menjelaskan virus Corona kepada anak,” ujar Renny.

Di lain sisi, era teknologi komunikasi saat ini, akses informasi sangat cepat didapatkan oleh semua kalangan termasuk anak.

“Era komunikasi digital ini sangat mungkin dikembangkan menjadi satu inovasi untuk mengelola berbagai informasi edukasi,” katanya.

Dalam konteks inilah, Pengmas SKSG UI mengabdikan diri bersama masyarakat dengan melibatkan forum anak melalui inovasi literasi sehat dalam mengkampanyekan penanganan Covid-19.

Dikatakan Renny, pengmas tahun ini pihaknya mengajak para mahasiswa untuk melakukan kegiatan optimalisasi keterlibatan anak dan remaja dalam Forum Anak tingkat RW dengan memanfaatkan sarana teknologi komunikasi untuk menghasilkan informasi-informasi berbagai kegiatan.

“Yakni dengan memanfaatkan media yang sudah ada seperti Instagram dan youtube agar anak mudah memahami informasi tentang Covid-19,” imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, Renny bersama tim pengmas UI berupaya untuk memberikan informasi terkait literasi sehat dalam mengkampanyekan penanganan Covid-19 dengan cara menarik dan mudah dipahami.

“Kami ingin memberikan pendampingan kepada anak-anak terkait penggunaan masker, cara cuci tangan, dll terkait dengan pola hidup bersih era Covid-19, manajemen kegiatan agar tetap bahagia selama di rumah saja,” imbuhnya.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan menggelar diskusi webinar Literasi Sehat, dengan menghadirkan beberapa pakar, antara lain Hamid Patilima (pakar pengembangan kota layak anak), Marisa Abdul (Komunitas Sakura Manggarai), Dandi Ukulelele (Komunitas dongeng Indonesia), dan M. Imron (lurah kelurahan Tirtajaya).[]

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close