Kabar Utama

UI–BAPETEN Kerja Sama Gelar Seminar Keselamatan Nuklir 2020

KABARLAGI.COM, Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI) berkolaborasi dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) menggelar Seminar Keselamatan Nuklir 2020 bertajuk “Inovasi untuk Mendukung Keselamatan dan Keamanan Nuklir menuju SDM Indonesia yang Maju dan Unggul”, Senin (26/10/20).

Kerja sama UI dan BAPETEN memiliki peran yang sangat penting dari sisi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penyediaan SDM, khususnya dalam mendukung pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro mengatakan seminar ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi ilmiah dan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang pengawasan pemanfaatan ketenaganukliran.

“Peluang kolaborasi UI–BAPETEN yang diusung dapat berkisar seputar pengembangan sumber daya manusia di bidang pengawasan tenaga nuklir, pemberdayaan tenaga ahli yang dimiliki UI dan BAPETEN dan pemanfaatan hasil kajian/penelitian yang mendukung pengawasan ketenaganukliran,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Kepala BAPETEN Prof. Dr. Jazi Eko Istiyanto mengatakan tenaga nuklir dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, tetapi pada sisi yang lain mempunyai risiko bila tidak dilakukan pengawasan dengan baik.

“Dalam upaya mengurangi terjadinya potensi risiko tersebut maka diperlukan pengawasan yang ketat dengan berdasar pada aspek safety, security, dan safeguards atau 3S,” katanya.

Jazi mengatakan, Ilmu pengetahuan dan teknologi tentang pemanfaatan tenaga nuklir memberikan peluang berarti bagi masyarakat, seperti pemanfaatan tenaga nuklir untuk memenuhi kebutuhan listrik di masa yang akan datang yang pada akhirnya diharapkan dapat mencapai kesejahteraan dan kemandirian energi pada bangsa Indonesia.

Untuk itu, Ia berharap kolaborasi dengan perguruan tinggi, salah satunya UI menjadi hal strategis.

“Diharapkan peran lebih aktif dari pemikir-pemikir ilmiah di bidang nuklir akan meningkat secara proporsional dengan peran kepakaran di semua bidang,” pungkasnya.[]

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close