Warga Depok yang Lakukan Perjalanan dalam Libur Cuti Bersama Diimbau Tes Covid-19

0
38

KABARLAGI.COM, Koordinator relawan penanganan satgas Covid-19 Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk mengimbau masyarakat yang telah melakukan perjalanan selama libur cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu dan Jumat (28 dan 30 Oktober 2020) lalu agar melakukan tes virus Corona (COVID-19).

Denny mengatakan, hal itu dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi adanya pelonjakan angka penularan Covid-19.

“Bagi masyarakat kota depok yang baru selesai wisata disarankan wajib melakukan rapid test mandiri,” kata Denny ketika dikonfirmasi, Minggu (1/11/20).

Denny mengatakan, sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Depok telah mengeluarkan imbauan kepada warga agar tetap di rumah selama masa cuti bersama.

“Sebelumnya kita (GTPP Covid-19_red) telah menganjurkan masyarakat agar tetap di rumah,” katanya.

Karena itu kata Denny, bagi warga yang telah melakukan Rapid Test nantinya agar melaporkan hasil tes kepada kampung siaga Covid-19 di tingkat RW.

“Bila sudah melakukan rapid test hasilnya dilaporkan ke KSC (kampung siaga covid) berbasis RW di domisili tinggal,” katanya.

Denny mengatakan, jika nantinya ada hasil tes yang mengindikasikan adanya gejala Covid-19 agar segera berkoordinasi dengan Dinkes Kota Depok.

“Bila ada keluhan atau gejala covid segera ke RS atau Puskesmas terdekat dan koordinasi dengan Dinkes Kota Depok,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya pemerintah telah menetapkan tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama.

Kebijakan itu dikeluarkan juga berlaku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Kepala Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi (ORB), Setda Kota Depok, Agung Sugiharti mengatakan, menindaklanjuti kebijakan tersebut, Pemkot Depok juga telah mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota, Nomor 060/230-ORB.

Yaitu tentang Perubahan ke dua hari libur nasional dan cuti bersama di lingkungan pemerintah Kota Depok.

“Lusa mulai cuti bersama dan libur hingga Jumat, karena ada peringatan Maulid Nabi Muhammad,” katanya di Balaikota Depok, Senin (26/10/20).

Agung mejelaskan, bagi Perangkat Daerah (PD) yang memberikan pelayanan langsung pada masyarakat, agar mengatur penugasan pegawai. Seperti rumah sakit, Puskesmas, telekomunikasi, dan listrik.

Begitu juga, lanjut Agung, pemadam kebakaran, kemanan, dan penyedia layanan air minum. Termasuk, kebersihan, perhubungan, serta unit PD terkait.

“Harapannya, pemberian pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik, meski ada libur panjang,” pungkasnya.[]