Tiga Daerah di Jabar Bebas dari Zona Merah, Salah Satunya Kota Depok

0
267

KabarLagi.Com- Pemerintah Provinsi Jawa Barat merilis hasil pemetaan level kewaspadaan Covid-19. Berdasarkan data terbaru itu, untuk pertama kalinya wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) bebas dari Zona Merah.

“Bodebek minggu ini pertama kalinya semuanya tidak ada zona merah. Biasanya bergantian, Depok enggak, tapi Bekasi. Sekarang semuanya tidak,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Kamis (03/12/20).

Kendati demikian, tingkat keterisian ruang isolasi rumah sakit rujukan di kawasan Bodebek dan Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang) semakin tinggi. Keteriisian sudah lebih dari ambang batas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni 60 persen.

“Keterisian di Depok ada rata-rata di 80 persen. Ini juga mewakili rata-rata se- Jawa Barat, khususnya yang Bodebek dan Bandung Raya. Tapi, kalau di luar itu relatif masih di bawah 60 persen. Di Bodebek dan Bandung Raya sudah terjadi peningkatan,” tutur Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Untuk itu, dirinya menghimbau masyarakat untuk tidak berlibur akhir tahun ini ke beberapa tujuan wisata favorit seperti Kota Bandung. Karena saat ini Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat masuk dalam zona merah.

“Sudah saya umumkan kemarin, pertama kalinya Kota Bandung jadi zona merah, sehingga saya mengimbau minggu ini para wisatawan menahan diri dulu untuk tidak ke Bandung Raya karena zonanya lagi merah, sedang proses pengendalian lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sumber: Kompas.Com