Euforia Dibalik Festival Budaya Bima-Dompu

0
406

KabarLagi.Com – Malam perayaan festival budaya yang digelar oleh Rukun Keluarga Bima (RKB) Pulau Lombok di Taman Budaya pada Sabtu, 12/02/22 cipatakan euforia tersendiri. Para penonton dan penikmat festival senyum bahagia dalam menikmati pementasan. Juga senyumanan bahagia di wajah mereka memberi bukti betapa kehadiran budaya itu sangat dinanti

Penonton euforia dalam Orasi ilmiah yang bertemakan spirit budaya, ayunan tangan dan Lenggak lenggok gerakan Tarian khas Bima-Dompu, putaran Jari-jemari yang menyempurkan kemuliaan Rimpu, genre biola bertemakan Haju Jati dan Kapatu cambe yang maksimalkan kemeriahan festival malam itu.

Dengan jumlah yang begitu banyak, para tokoh-tokoh Bima-Dompu dan mahasiswa Bima-Dompu yang ada di Mataram ikut hadir dan menyaksikan festival malam itu, baik dari kaum Adam maupun kaum hawa. ada yang bertepuk tangan karena keindahan persembahan, ada yang berteriak untuk melanjutkan pementasan, itu menjadi “Nada dan Irama (Kanggica) tersendiri yang bertabrakan dengan alunan musik persembahan festival

Nawaitu dan Bertemakan “Kearifan Budaya Bima untuk Masa Depan yang Bermartabat“ festival itu diapreasiasi oleh Kepala Dinas PUPR NTB dan Wakil Bupati Bima. Mereka menyambut baik hajat budaya itu, lalu berpetuah untuk terus melakukan giat-giat budaya agar tercipta generasi yang senantiasa merawat jubah kebudayaan.

Tumbuh dan berkembang sampai menjadi darah daging dan obrolan tiap lasa dan Jompa, tetap dilestarikan sebagai aset yang bisa dipromosi, ditukar dan jual untuk berkompetisi dengan kedigdayaan Moderenitas. Sabda-sabda wasiat, Syair suci dan Iman Budaya Bima-Dompu” yang telah mengantarkan masyarakatnya menjadi masyur dan sohor juga sisi lain yang telah menjadi ajimat tersendiri.