Nasional

Serka Harahab, Jadi Pembina Upacara di SMKN 2 Depok

Siswa SMK mengikuti Upacara Bendera

DEPOK – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Sawangan Lama Serka Harahab menjadi pembina upacara bendera yang dilaksanakan SMKN 2 Depok, bertempat di halaman sekolah, Jalan Abdul Wahab Pintu 2 Telaga Golf, Sawangan, Depok, Senin (22/07/2019) pagi.

Peserta upacara bendera setiap senin ini diikuti seluruh pelajar, para guru, pagawai tata usaha (TU) dan kepala sekolah (Kepsek).

Kegiatan rutin ini merupakan kewajiban setiap sekolah maupun instansi negara untuk menyelenggarakan demi menjunjung tinggi nilai nasionalisme, patriotisme, dan sebagai wujud dalam pengabdian tugas serta menghormati nilai juang para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya.

Selaku pembina upacara, Serka Harahab mengucapkan apresiasianya kepada seluruh pelajar yang telah dengan khidmat mengikuti upacara bendera.

Selain itu, ia juga mengajak para pelajar untuk terus menyukai upacara bendera yang selalu digelar setiap senin.

Menurut dia, senin merupakan hari yang paling tidak disukai para pelajar. Pasalnya, sebelum kegiatan belajar mengajar, harus diawali dengan upacara bendera, dimana saat itu para pelajar harus berpakaian atribut lengkap dan berdiri dilapangan selama lebih dari 30 menit dengan teriknya cahaya matahari setelah sehari sebelumnya bisa beristirahat.

“Mindset itulah yang akan saya ubah dari para pelajar. Pelajar harus suka terhadap upacara bendera,” kata Harahab dalam keterangan tertulis Senin (22/07).

Ia menjelaskan, mengikuti upacara bendera, tidak hanya sebagai implementasi dari cinta tanah air dan bangsa yang merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan.

“Upacara bendera bukanlah sekedar kegiatan seremoni saja. Tetapi, banyak manfaat yang kita dapatkan dengan kita mengikuti upacara bendera, diantaranya kesempatan bagi pelajar, guru dan seluruh warga sekolah untuk berinteraksi,” ujarnya.

Ia yakin, dengan seringnya diberikan arahan dan bimbingan, para pelajar dengan sendirinya akan terus menyukai upacara bendera.

“In Sya Allah, setelah para pelajar mengetahui manfaat upacara bendera, mereka akan menyukainya,” harapnya.

Tidak hanya mengajak menyukai upacara setiap senin, Harahab juga mengajak para pelajar untuk fokus belajar dan meningkatkan kedisiplinan, agar apa yang dicita-citakan mereka dapat tercapai.

Diakhir penyampaiannya, Babinsa Kelurahan Sawangan ini sempat menghimbau kepada para pelajar untuk menjauhi narkoba dan menghindari tawuran.

“Saya menghimbau kepada para pelajar, agar menjauhi narkoba, tidak melakukan tawuran. Raihlah prestasi setinggi mungkin,” pungkasnya.

Selanjutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close