Ini Tanggapan Wali Kota Depok Terkait Rencana Kemenpan – RB ASN Kerja di Rumah

0
2

 

DEPOK – Rencana Kemenpan – RB yang membuat sistem kinerja Pegawai Negeri Sipil dibuat fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaannya atau bisa diselesaikan di rumah mendapatkan tanggapan dari Walikota Depok.

Menurut Muhammad Idris Abdul Shomad ide dari Kemenpan – RB tersebut memerlukan pertimbangan terutama masukan dari berbagai pihak termasuk masyarakat.

“Ini kan baru wacana, kita tunggu saja pertimbangannya seperti apa. Tapi, kalaupun direalisasikan kontrolnya harus kuat,” Ucap Idris saat dikonfirmasi Akurat.Co. Rabu (14/8/2019).

Idris mencontohkan seperti Badan Pengkajian Dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) yang memiliki indikator, atau tolak ukur keberhasilan kinerja didasarkan oleh orientasi pada hasil kerja bukan sekedar absensi.

“Semisal dulu, pegawai BPPT memang ada standard indikator capaian misalkan sebulan harus menghasilkan ini, harus menghasilkan ini. Itu merupakan orientasi pada hasil kerja. Bukan kepada sekedar absensi,” bebernya.

Selain itu Idris meminta wacana tersebut harus dikaji dengan tepat. Diakuinya, sistem bekerja fleksibel dengan permodelan start up telah diadopsi oleh perusahaan – perusahaan luar negeri.

“Nah ini sedang dikaji, dibahas, masukan juga termasuk psikologisnya, dari sisi psikologis (pekerja Indonesia dan Luar Negeri) mungkin beda,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka kemungkinan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di masa depan bisa bekerja dari rumah dengan bantuan teknologi digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here