Ribuan Orang Serbu Loker Distnaker Kota Depok 

0
99
Antrian para pelamar kerja
Antrian para pelamar kerja
DEPOK – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Distnaker) Kota Depok menggelar bursa kerja yang diselenggarakan di Sekolah Setia Negara jalan Raya Sawangan. Rabu (14/8/2019).
Kepala Distnaker, Manto mengatakan bursa kerja yang diselenggarakan hari ini membuka 4. 200 lowongan bagi masyarakat Kota depok. Namun hingga saat ini yang sudah melakukan pendaftaran lewat online sebanyak 2000 orang.
“Sampai kemarin sore yang sudah daftar  online sekitar 2000 an, infonya 4200 sekian, mungkin sampai pagi ini,” katanya.
Dijelaskan Manto dari 4200 loker yang dibutuhkan ia berharap bisa diterima  oleh perusahaan. Namun pihaknya mengembalikan hal tersebut kepada manajemen  perusahaan masing-masing.
“Target seoptimal mungkin, formasinya kan 4200  kalau bisa ya terpenuhi, tetapi artinya semua perusahaan ada standar masing masing. Hak  prioragratif mereka, kita harap yang daftat sesuai yang diminta perusahaan,” pungkasnya.
Dikatakan Manto animo masyarakat Kota Depok sangat tinggi mengikuti bursa kerja. Untuk itu pihaknya membuka dua cara agar bisa melamar yaitu online dan  manual.
“Yang online itu warga Depok dan ada juga warga diluar Depok yang daftar. Tapi kalau yang manual itu otomatis warga Depok,” katanya.
Selain itu pada bursa kerja saat ini pihaknya juga membuka ruang bagi para disabilitas di Kota Depok. Hal tersebut telah diatur oleh undang-undang agar membuka ruang bagi para Disabilitas.
 “Sesuai aturan dan regulasi minimal 1% dari jumlah pegawai di perusahaan, kalau 400 paling tidak 10 orang lah, jadi wajib hukumnya. Karena tidak bisa membedakan orang, disabilitas itu bukan orang sakit, disabilitas kondisi seperti itu tapi dia punya hak yang sama, dia juga punya kesempatan kerja yang sama, adil gitu. Makanya harus ada dalam setiap bursa kerja,  “tuturnya.
Sementara itu bursa kerja hari ini didominasi  oleh  lulusan  SLTA, kemudian D3 dan lulusan S1.” Kalau nggk salah itu sekitar 400 dan yang SLTA kalau yang D3 dan S1 saya belum tau datanya, “pungkasnya.
Manto juga mengatakan bahwa kegiatan bursa kerja ini merupakan salah satu cara untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Depok yang saat ini sebanyak 73 ribu.
” Kalau jumlah pengangguran kita di Depok tahun ke tahun menurun, sampai 2018 kemarin data pusat statistik 6,68% atau setara 73 ribu orang kurang lebih. Nah kita harap 2019 dengan beberapa upaya bisa menurun kembali angka pengangguran, “tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here