Bekerja, Corona Efek dan Problema Umat

0
239

Oleh. Mashud Sasaki

Bekerja dan pekerjaan dalam konteks kehidupan manusia merupakan salah satu aktivitas hidup yang urgen untuk memenuhi kebutuhan dasar (base need); terutama untuk sandang, pangan. Ada banyak jenis pekerjaan atau profesi yang kita kenal, baik yang berhubungan dengan jasa, produk, dan lainnya.

Di masa ujian virus Corona sejak bulan lalu, aktivitas bekerja dan pekerjaan ritmenya sedikit berbeda karena adanya kebijakan dari pemerintah utk bekerja lewat rumah. Terutama bagi pekerja lepas harian. Berbeda dengan pekerja yang gaji bulanan.

Fakta “Dilema” di tengah masyarakat. Satu sisi pemerintah menganjurkan untuk bekerja lewat rumah, di sisi lain ada pekerjaan yang hanya bisa diperoleh hasilnya bila keluar rumah. Walaupun pemerintah sudah menyiapkan skenario BLT atau lainnya bagi pekerja lepas harian, namun sebagian masyarakat masih mempertanyakan program tersebut, karena ada peluang terjadi gejolak di masyarakat.

Dinamika bekerja di masa ujian Covid-19, menjadi perhatian semua pihak termasuk para akademisi dengan berbagai sudut pandangnya akan melahirkan berbagai karya, baik karya tulis hasil penelitian atau buku yang berkaitan dengan fenomena bekerja dan ruang lingkupya di masa Covid-19.

Ala kulli haal, aktivitas bekerja dan pekerjaan pada dua bulan terakhir memberikan pengaruh pada stabilitas perekonomian, khususnya di negara kita, bahkan dunia.

Lalu bagaimana sebaiknya…?

Menghadapi berbagai ujian bagi orang yang beriman adalah sunnatullah. Allah SWT menciptakan kehidupan dan kematian semuanya dalam rangka menguji umatnya, “liyabluwakum ayyukum ahsanu amala”, siapakah yang paling baik amalnya, termasuk dalam menerima ujian Covid-19.

Bekerja adalah salah satu washilah umat manusia untuk bisa mempertahankan hidupnya. Dengan bekerja seseorang akan bisa merasakan nikmat Allah dari hasil jerih payah kerjanya. Keringat yang keluar dari badannya bisa menjadi bukti bahwa ia telah beribadah ghoiro mahdhah utk keluarganya.

Pekerja yang baik adalah mereka yang senantiasa membungkus pekerjaannya dengan nilai-nilai iman, mereka selalu ingat Yang Maha Kuasa dalam setiap gerak langkah kerjanya. Inilah yang dalam ajaran agama disebut sebagai bagian dari amal shaleh.

Semoga kita senantiasa istiqomah dalam kebaikan. Termasuk dalam menjaga tradisi baik kita di lingkungan tempat kerja. Terus menjaga spirit iman kita, menjaga nilai2 agama dan norma sosial dalam setiap langkah, menjaga ibadah kita, gemar amar ma’ruf, dan peka lingkungan.

Smoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here