Kabar Tani

Tindak Lanjuti Arahan Bupati Tolitoli Terkait Ketahanan Pangan, Kadistan Bagikan Varietas Unggul Label Putih

Tolitoli–Kabupaten Tolitoli di Provinsi Sulawesi Tengah merupakan termasuk daerah yang terdampak secara Ekonomi akibat Pandemi Covid 19, Perlambatan Ekonomi cukup terasa di kabupaten Tolitoli termasuk di sektor Pertanian terkait Suplay Pangan untuk Masyarakat Tolitoli.

Menyikapi hal ini maka Bupati Tolitoli Bpk Moh Saleh Bantilan, SH.,MH dalam bebrapa Kesempatan mengingatkan bahwa walaupun daerah kita terdampak secara Ekonomi akibat Pandemi Covid 19, Ketahanan Pangan dan Ketersediaan Pangan kita tidak boleh kendur.

” Dalam menyediakan kebutuhan Pangan bagi Masyarakat Tolitoli kita harus terus berkerja keras terutama dalam sektor pertanian kita,”ujarnya.

Sementara itu menindaklanjuti arahan tersebut, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Kadistan) Kabupaten Tolitoli bergerak cepat dalam rangka menjamin ketersedian Pangan Daerah.

“Melalui Program READSI Serta Dukungan dari BPTP Provinsi Sulawesi tengah Bpk Dr, Ir Syafrudin, MP Memberikan Bantuan Benih bagi Kelompok Penangkar di Desa Lantapan Kecamatan Galang, benih yang di berikan berupa Varietas Mikongga Label Putih kelas benih dasar,”ujar Rustan Rewa. Senen (11/5/2020).

Selain itu Rustan mengungkapkan bahwa pihaknya juga melakukan penyaluran benih untuk Kelompok Penangkar yang juga termasuk dalam Binaan Program Readsi.

” Tadi saya serahkan sendiri secara Simbolis ke Kelompok tani Sinar Harapan yang diwakili Ketua Kelompok Bpk Ahmadi dan Kelompok tani Harapan Baru Bpk Ruslan dan dihadiri oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Prog Readsi Bpk Andika Firsaha, SP hadir pula PPL Desa Lantapan Bpk Farid Wajedi, SP.,MP, dan Fasilitator Desa Bpk Triyono, SP,”katanya.

Rustan berharap bantuan dan Penyaluran benih padi ke Kelompok tani Penangkar dan Kelompok Tani di Desa Lantapan merupakan salah satu Lumbung penghasil beras di Kecamatan Galang kedepannya dapat lebih mudah mengakses benih padi berkualitas.

“Sehingga Produksi Padi di Desa Lantapan kecamatan Galang terus terjaga dan bahkan bisa meningkat agar dapat memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat di Kabupaten Tolitoli.

Dengan terpenuhinya Kebutuhan Pangan Masyarakat Tolitoli maka Roda Perekonomian Wilayah dapat terus berjalan seiring dengan Meningkatnya Produksi dan Pendapatan bagi Petani.
Salam Readsi.Pertanian Maju, Indonesia Makmur,”pungkasnya.

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close