Menjaga Spirit di Masa Pandemi

0
189

oleh : Mashud Sasaki

Spirit dalam bahasa Indonesia diartikan semangat, jiwa atau sukma. Bila ditambahi akhiran -al- menjadi Spiritual mengandung makna yang berhubungan dengan atau bersifat kejiwaan (rohani, batin, iman).

Dalam melakukan aktifitas apapun dibutuhkan spirit (red. semangat Iman) agar akrifitasnya berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Tak terkecuali dalam beraktifitas menghadapi ujian Covid-19.

Aktifitas atau bisa juga kita sebut “pekerjaan” membutuhkan perhatian yang lebih agar hasilnya sesuai target. Pekerja profesional maupun pekerja amatiran (lepas) tetap membutuhkan spirit dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.

Sebagai pekerja kantoran, pekerja lapangan, pekerja online, pekerja di sawah-ladang, dan lain-lain semuanya membutuhkan spirit. Bekal spirit menjadi salah satu modal tuntasnya sebuah pekerjaan.

Saat ini di tengah-tengah ujian Covid-19 para pekerja profesional maupun non profesional tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan normal. WFH (Work From Home) menjadi alternatif yang harus diambil sesuai arahan pemerintah. Saat WFH juga tetap membutuhkan spirit, bila spirit kendor atau tidak ada spirit tugas-tugas yang mestinya harus selesai tepat waktunya jadi terbengkalai karena tidak ada spirit.
WFH yang sudah berjalan hampir 2,5 bulan ini, walaupun sudah kita buat skedul hariannya kadang membuat kita jenuh dan membosankan, bila tidak dikemas dengan krearifitas inovatif akan terus membuat boring.

Lalu bagaimana baiknya…?

Spirit iman harus melekat pada setiap individu yang ingin tetap semangat bekerja lewat rumah. Indikator pribadi muslim yang kita miliki harus kita hadirkan saat menjaga spirit.

Indikator pribadi muslim seperti menjaga iman setiap detik, berpedoman pada nilai2 agama dan norma2 masyarakat dalam beraktifitas, tekun beribadah, gemar amar ma’ruf sesuai kemampuan, dan bergaul/ berteman / hidup dengan orang baik menjadi bekal spirit yang perlu kita pertahankan.
Sahabat FB dimanapun berada.

Smoga kita semua tetap sehat dan semangat. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here