SosPol

Cek Kesehatan Calon Kepala Daerah Depok Tahun Ini Akan Dilaksanakan Di Bandung

Depok–Pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah Kota Depok, Jawa Barat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok tahun 2020 direncakan tidak lagi dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

“Untuk cek kesehatan, 2015 memang kita cek kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, ada aturan KPU nomor 4 tahun 2017 dimana untuk cek kesehatan ini baik Pilkada 2017, 2018 kemudian Pilkada yang sekarang karena masih mengacu pada aturan KPU itu harus dirumah sakit tipe A,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nana Shobarna kepada sejumlah pewarta di salah satu hotel, Margonda, Kamis (27/8/20) siang.

Nana menjelaskan, Rumah sakit tipe A di Provinsi Jawa Barat hanya ada 1 yaitu rumah sakit Hasan Sadikin Bandung.

“Kemungkinan besar kita akan mengadakan cek kesehatan di Hasan Sadikin Bandung berikut dengan KPU Kabupaten/Kota yang lain,” jelasnya.

Karena ada perubahan regulasi karena dalam Pandemi, selain dari medical check up, psikotes, tes bebas narkoba, tahun ini para calon kepala daerah kata Nana akan dilakukan swab tes Covid-19.

“Jika Bacalon positif Covid, yang bersangkutan akan dilakukan isolasi selama 14 hari, setelah isolasi di Swab kembali kalau hasilnya negatif maka dia bisa melanjutkan tahapan selanjutnya, kalau dia masih positif maka isolasi lagi selama 14 hari lagi,” katanya.

Lebih lanjut, Nana mengatakan konsekuensi Bacalon yang terpapar Covid-19 akan berimbas kepada masa durasi masa kampanye.

“Kalau lancarkan 71 hari tadi, kalau nggak bakal terpotong untuk isolasi mandiri, intinya Bacalon positif Covid masih tetap boleh ikut bertarung, dan dari sisi aturan kita tidak akan membatasi atau memangkas hasil politik orang,”katanya.[]

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close