UI dan The University of British Columbia Kanada Sepakati Kolaborasi Riset dan Pendidikan

0
1

KabarLagi.Com–Universitas Indonesia (UI) dan The University of British Columbia (UBC) Kanada menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) yang dilakukan oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D (yang diwakili oleh Wakil Rektor UI Prof. Dr. rer. Nat. Abdul Haris) dan Vice-Provost International, University of British Columbia, Dr. Murali Chandrashekaran, pada Kamis (10/9) secara virtual.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan NKB tersebut diantaranya, Dr. Tuti Wahyuningsih Irman (Consul General, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Vancouver); Prakoso Wicaksono (Consul for Information, Social and Cultural Affairs, KJRI Vancouver); Prof. Dr. rer. Nat. Abdul Haris (Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi); Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA (Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital UI); dan Prof. Dr. Jatna Supriatna (Guru Besar FMIPA UI, Chairman RCCC UI);

Pada kesempatan terpisah, Rektor UI Prof. Ari mengatakan, “Dalam rangka mempererat hubungan dan kerja sama antar lembaga, kami berharap kerja sama dengan UBC mampu meningkatkan sinergi antara kedua universitas khususnya dalam menangani pandemi COVID-19. Semoga kerja sama yang terjalin saat ini dapat menjadi titik awal untuk mengembangkan kemitraan antara UI dan UBC ke depannya.” Prof. Ari juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Vancouver Kanada yang turut memfasilitasi kerja sama antara UI dan UBC Kanada untuk pengembangan keilmuan, baik di Indonesia,maupun Kanada.

Situasi pandemi COVID-19 tidak membuat UI berhenti untuk bersinergi dengan mitra perguruan tinggi di luar negeri. Melalui kecanggihan Information Communication Technology (ICT) sebagai backbone di tengah pandemi saat ini, UI berkolaborasi dengan UBC Kanada saling menyepakati sejumlah aktivitas yang akan dilakukan melingkupi, program pertukaran pelajar, visiting scholar, konferensi bersama dan kolaborasi penelitian antara peneliti UI dan UBC.

Dalam sambutannya pada seremoni penandatanganan NKB, Prof. Dr. rer. Nat. Abdul Haris mengutarakan, “Berada di garda terdepan universitas riset Indonesia, UI senantiasa berkomitmen untuk bekerja sama dengan seluruh mitra baik dalam maupun luar negeri untuk menjalankan Tridharma atau tiga pilar perguruan tinggi. Khususnya di dalam situasi yang sulit saat ini, bukan hanya krisis kesehatan yang tengah melanda, tetapi juga resesi ekonomi. Saya percaya sebagai akademisi, kita harus bersinergi dan bahu membahu memerangi pandemi, sebagai sumbangsih kita, tidak hanya bagi bangsa, melainkan juga bagi umat manusia.”