Tanggap Covid-19, TurunTangan Binjai Berbagi Sembako untuk Sumatera Utara

0
9

KABARLAGI.COM, TurunTangan Binjai mengadakan kegiatan sosial bernama “Sembako untuk Sumatera Utara” bersama KitaBisa.com pada hari Minggu, 20 September 2020, yang menyebar ke seluruh penjuru kota Binjai.

Saat ini Kota Binjai naik status menjadi zona merah penyebaran COVID-19 dari yang sebelumnya zona orange.

Imbasnya, pandemi sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, banyak masyarakat yang kesulitan mendapat pemasukan sehingga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kegiatan ini guna untuk membantu meringankan kebutuhan pangan warga kota Binjai yg terdampak COVID-19,” kata Lutfiah Hanim selaku project leader dan koordinator TurunTangan Binjai.

Relawan TurunTangan Binjai membagikan sembako ke empat puluh masyarakat yang membutuhkan, di antaranya adalah lansia yang masih bekerja dan IRT (ibu rumah tangga).

Salah satu penerima sembako adalah Ibu Feny, janda dengan dua anak yang menjadi korban KDRT, ia disiram soda api oleh suaminya pada awal tahun lalu.

Saat ini, kondisi ekonomi keluarga bu Feny
masih bergantung pada uluran tangan komunitas.

“Kondisi ekonomi keluarga saat ini masih bergantung pada bantuan beberapa komunitas yang kami (TurunTangan Binjai) sinergikan. Kemarin sempat kami berikan modal usaha kecil-kecilan sebagai upaya memandirikan ekonomi keluarga ibu Feny. Namun, masih banyak kendala juga,” pungkas Hanim.

Karena penerima sembako sudah terdata, relawan TurunTangan Binjai mendatangi rumah masing-masing penerima agar tidak menyebabkan kerumunan.

Sembako yang dibagikan berupa beras, minyak, telur, dan gula pasir.

“Terima kasih bersyukur Alhamdulillah, terima kasih kepada anggota TurunTangan,” ujar bu Feny ketika diberikan sembako.

Harapannya, ke depan kegiatan ini dapat memantik kepedulian lebih banyak orang baik untuk terlibat dan berkontribusi, karena pandemi ini bukan hanya urusan otoritas kota/provinsi, melainkan masalah
kita bersama.[]