Kabar Utama

Polda NTB Kedepankan Edukasi dalam Operasi Zebra Rinjani 2020

KABARLAGI.COM, Operasi Zebra Rinjani 2020 dilaksanakan di masa Pandemi Covid 19 ini berlangsung dengan tetap mengedepankan tindakan Preemtif dan preventif.

Salah satu bentuknya adalah Edukasi dengan membuat meme,penerangan lantas dan talkshow dengan memanfaatkn media sosial dan daring , Hal lainnya dengan diadakannya Tik Tok Challenge Zebra Rinjani 2020 dengan tema terkait sasaran Operasi Zebra Rinjani 2020.

Satlantas se Jajaran Polda NTB juga melaksanakan lomba yang berbeda beda. Satlantas Polres Lombok Tengah mengadakan lomba pembuatan Desain Spanduk dan Baliho, Satlantas Polres Lombok Timur mengadakan Lomba Transportasi Sehat, dan begitu juga dengan Satlantas lainnya di Wilayah Polda NTB.

Ada 718 kali penyuluhan dan penerangan tentang pentingnya taat aturan berlalu Lintas serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Jumlah ini meningkat 74% dari tahun sebelumnya yaitu 536 kali di tahun 2019 pada periode yang sama.

Pada hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra Rinjani 2020, Sebanyak 412 pengendara kendaraan bermotor ditilang atau turun sebesar 56 % dari tahun 2019 pada periode yang sama yaitu 939 tilang. Pelanggar didominasi pemotor yang tidak mengenakan helm.

Direktur Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Barat Kombes Pol Noviar, S.I.K mengatakan, Operasi Zebra Rinjani serentak digelar di seluruh Nusa Tenggara Barat mulai hari ini (26 Oktober 2020) dengan menyasar berbagai pelanggar. Pada hari pertama, polisi menegur 406 pengendara sehingga total 818 pelanggaran di hari pertama Operasi Zebra Rinjani 2020.

“Untuk hari pertama, juga dilakukan peneguran kepada 71 orang yang melanggar protokol Covid-19 dan membagikan 17 Masker serta 10 paket Bansos kepada masyarakat yang membutuhkan ” kata Noviar kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

Noviar menjelaskan, masih banyaknya pengguna motor yang tidak mengenakan helm menjadi bahan evaluasi di hari pertama operasi. Padahal, jelasnya, fungsi helm untuk melindungi kepala bila terjadi kecelakaan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, jangan jadikan beban memakai helm. Jadikan helm sebagai kebutuhan safety riding, sehingga aman naik motor di jalan,” tutur Noviar.

Dalam razia tersebut, polisi juga memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya memakai helm. Selain itu, Polantas juga memberikan imbauan agar pengguna jalan selalu menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan COVID-19.

“Selain Razia kendaraan bermotor di jalan, dalam Operasi Zebra Rinjani 2020 juga dibagikan masker kepada masyarakat yang masih belum sadar menggunakan masker dan memasang stiker imbauan untuk memakai Masker di kendaraan bermotor,” pungkasnya.

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close