Rangkaian Hut RI, MA Muhammadiyah 01 Weleri Kendal Gelar Kegiatan Sharing Session Kebangsaan

0
286

KabarLagi.Com– Sebagai rangkaian perayaan dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78. Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah 01 Weleri Kendal Jawa Tengah menggelar Sharing Session Kebangsaan bertema ‘Peran Pemuda Dalam Mengisi Kemerdekaan’. Acara yg berlangsung di Aula Masjid Al Huda Weleri dan dihadiri oleh kurang lebih 250 siswa siswi serta staff pengajar MTs & MA Muhammadiyah. (Senin, 14 Agustus 2023).

Acara yang diinisiasi oleh
ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah ( IPM ) diharapkan menjadi penguat eksistensi Pemuda dalam membangun Negeri menyongsong Indonesia Emas 2045. Dalam
sambutannya, Kepala Madrasah Aliyah Ust. Romanto, S.Pd.I mengatakan ” Ini merupakan Ikhtiar kecil kita bersama untuk memberikan sumbangsih pemikiran & wawasan kebangsaan terhadap generasi muda yang diawali dari bangku Madrasah agar semakin mencintai Negerinya serta bersemangat untuk mengisi kemerdakaan dengan prestasi yang gemilang, “ujarnya.

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Dr.H.Istajib Zain, S.E.,M.Ag. Sebagai Narasumber tunggal. Dalam paparannya baliau menyampaikan “ bahwa peran generasi muda dalam mengisi kemerdekaan sangat diperlukan, karena merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan fungsi, peran, karakteristik, dan strategi kedudukan dalam pembangunan nasional. Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis generasi muda dalam semua dimensi pembangunan perlu ditingkatkan. Dan ini harus disadari sejak dini termasuk sejak generasi muda duduk dibangku sekolah”.

Namun demikian, menurut pria yang juga merupakan konsultan Dakwah Multi Media juga berpesan sebagai generasi penerus bangsa, pemuda tidak boleh hanya berdiam diri melihat pembangunan yang sedang berjalan. Mau tidak mau, pemuda sekarang akan menjadi tulang punggung Indonesia di masa depan. Harus bisa berinovasi dan kreatif dalam berbagai sektor pembangunan di masing-masing daerah.

“Oleh karena itu, saya mengajak para pemuda agar selalu berperan aktif dalam membantu membangun daerah, banyak hal positif yang dapat dilakukan seperti menghasilkan karya-karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, berperan aktif di lingkungan masyarakat, dan menjadi teladan yang baik masyarakat,” kata Istajib.

Lanjutnya peran pemuda sebagai generasi penerus dalam pembangunan sangat lah penting karena yang menentukan kemajuan negara di masa depan adalah generasi muda melalui keberhasilan perubahan positif yang dapat dilakukan.

“Salah satu kunci sukses sebagai agen perubahan tentunya adalah keyakinan yang dimiliki oleh generasi muda, artinya generasi muda harus percaya dengan apa yang dimiliki dan selalu berpikir hal yang positif demi kemajuan suatu daerah,” tutupnya.