DaerahKabar UtamaWisata

Keren! Ini Mata Lomba Festival Sangiang Api 2019

Bima – Festival sangiang api merupakan sebuah event tahunan yang diadakan oleh para Generasi Muda Desa Sangiang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan nilai bahari yang ada di Desa Sangiang, Kabupaten Bima, NTB.

Kegiatan tersebut terdiri dari berbagai mata lomba antara lain

1. Lomba Sampan Layar Tradisional
Lomba sampan ini mengambil titik start dari pulau sangiang kemudian finish di desa sangiang. Lomba ini menempuh jarak sekitar 12 km yang melewati ganasnya laut flores.

2. Expo Kerajinan Rakyat
Acara ini merupakan bazar yang akan diikuti oleh para pengrajin industri rumah tangga yang akan menampilkan berbagai macam produk industri.

3. Gebyar Kuliner Kalempe Sangiang
Kalempe merupakan makanan khas daerah sangiang yang tidak ditemukan di daerah lain.

4. Jelajah gunung sangiang
Kegiatan ini bertujuan untuk memetakan potensi bencana sekaligus memetakan potensi wisata dan satwa serta keanekaragaman hayati lainnya.

5. Pertunjukan Seni Tradisional
Para pengunjung akan dapat menyaksikan nyanyian mistik sangiang (sagele), ragam tarian daerah, teater, monolog sejarah (mpama mpemo), puisi dan musik.

Diinformasikan kegiatan tersebut akan dibuka pada Kamis (28/7) besok dengan kegiatan awal yaitu parade rimpu yang dimana seluruh masyarakat yang hadir dalam pembukaan tersebut diwajibkan memakai sarung tenun khas Bima (tembe nggoli).

Tagar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close