Kabar Utama

Depok Bersih Dari Narkoba, BNN Gandeng Semua Instansi 

DEPOK – Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Depok merangkul semua stakholder termasuk kepolisian bersinergi pemberdayaan alternatif pemberantasan narkoba. 
Tujuan supaya dapat menargetkan Kota Depok pada tahun 2020 bersih narkoba,
Hal tersebut disebutkan oleh Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Depok, Rina Astuti, selesai memberikan bimbingan teknik kepada peserta di Aula Gedung Perpustakaan Balai Kota Depok, Selasa (30/7) siang.
Menurut Rina, peserta dihadiri oleh para Stakholder yaitu enam orang diantaranya Kapolsek dan Kanit Dari enam Polsek, Danramil dari 6 Koramil, tujuh orang dari kecamatan, 10 orang masing-masing kelurahan, jumlah 28 orang.
“Para Stakholder mulai dari unsur kepolisian dan Muspika dari 10 wilayah kelurahan dikategorikan rawan narkoba kita undang untuk pemberian bimbingan teknis dalam menangani permasalahan narkoba di lingkungan,”
Berdasarkan data dari pemetaan BNN Pusat bekerjasama dengan Puslitkes UI tahun 2017 tingkat survey propinsi Jawa Barat, bahwa rawan narkoba untuk di Depok terbagi 10 kelurahan yaitu Pancoran Mas, Sukmajaya, Bhakti Jaya, Kemiri Muka, Kukusan, Tugu, Harjamukti, Bojong Pondok Terus, Pangkalan Jati dan Sawangan.
Dalam kategori kriteria daerah rawan narkoba, lanjut Rina, untuk indikator pokok yaitu ada kasus kejahatan narkoba, angka kriminalitas, kegiatan peredaran narkoba, pengguna dan ada alat bukti saat dioperasi serta kurir.
“Kalau ada faktor pendukung ada tempat kost, kemiskinan atau tidak mampu, ketertindasan, kurang sarana publik, kurang bersosialisasi, ada tempat lokasi hiburan,”pungkasnya.
Sementara itu, Rina berkeinginan agar para seluruh pimpinan Stakholder khususnya yang hadir dalam acara untuk dapat bersama memberdayakan semoga dibina potensi di masyarakat .
Salah satu yang telah menerapkan lingkungan bersih narkoba, lanjut Rina, ada Keluarga Harjamukti, perangkat lurahnya telah menjalankan kegiatan berupa himbauan ke masyarakat yaitu dengan memasang atau menempel atribut anti Narkoba.
“Dalam hal ini memerangi narkoba para Stakholder di unsur Muspika BNNK Depok siap membantu untuk ikut melakukan sosialisasi berupa penempelan atribut anti narkoba ndan sosialisasi ke ibu-ibu kader PKK dan pengajian, “tambahnya
Tagar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close