News

Ini Persiapan Kecamatan Pancoran Mas Menghadapi Musim Hujan

DEPOK – Menghadapi musim hujan Pemerintah Kecamatan  Pancoran Mas terus melakukan berbagai persiapan.  Salah satunya membuat enam titik sumber resapan air serta menyiapkan kader kesehatan untuk mengantisipasi penyakit yang timbul saat musim hujan tiba.
Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya mengatakan sumur resapan yang dibuat terletak di daerah Kali Licin, Pancoran Mas Baru, Jalan Pramuka.  Ke tiga   lokasi tersebut merupakan tempat yang sering terjadi banjir di Wilayah Pancoran Mas.
“Contohnya kaye Kali Licin setiap tahun pasti terjadi banjir karena saluran kali yang tersumbat akibat sampah dan resapan air yang kurang. Makanya dengan adanya beberapa sumur resapan yang dibuat bisa mencegah terjadinya banjir,  “ujarnya saat dikonfirmasi. Selasa (12/11/2019).
Selain membuat sumur resapan pihaknya juga melakukan  pembersihan terhadap sampah yang membuat saluran air di Kali Licin tersumbat.
” Kita bersihkan sampah yang ada disana dan itu ditangani langsung PUPR, “ujarnya.
Dijelaskan Utang  ketiga tempat tersebut seharusnya  dilakukan pengerukan atau normalisasi. Sebab saat hujan air menjadi naik sementara sampah menutup aliran Kali.
” Jadi harus normalisasi atau pengerukan. Karena sudah sering dilakukan pembersihan sampah disana tapi tetap aja seperti itu, “ujarnya.
Selanjutnya Utang juga membeberkan bahwa selain banjir Pancoran Mas Juga terdapat lokasi yang sering terjadi longsor.  Lokasi tersebut diantaranya Kelurah Pancoran Mas dan  Mampang.
” Dua lokasi tersebut beberapa kali terjadi longsor. Sebab kondisi rumah yang ada di tebing dan seharusnya lokasi itu tidak boleh dibangun rumah, “katanya.
Terkait hal tersebut pihaknya hanya mengimbau agar masyarakat tetap waspada serta tidak lagi membangun rumah  di tebing.
” Seharusnya tebing itu tidak boleh dijadika rumah karena pada saa hujan deras akan menggerus pondasi apalagi penataan saluran tidak ada akhirnya longsor, “katanya.
Sementara dibidang pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk mengantisipasi penyakit yang timbul saat musim hujan. 
 
” Kami sudah punya tim khusus dengan total 25 petugas dan mereka sebelum inipun  sudah melakukan pengecekan rutin khusus DBD. Karena Depok masih endemic DBD apalagi musim hujan. Maka tim kesehatan terus melakukan pemantauan, “ujarnya. 
 
Utang juga menghimbau agar masyarakat Pancoran Mas terutama yang berlokasi ditebing agar  berhati – hati mengingat curah hujan yang cukup besar. Selain itu warga juga diminta agar tidak membuang sampah sembarangan.
” Jadi saya minta warga yang rumahnya ditebing agar tetap waspada dan masyarakat lainnya jangan buang sampah sembarangan,”tuturnya.
Tagar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close