Wali Kota Depok, Para Camat, Serahkan Langsung e-KTP Ke Warga Yang Lahir Ditanggal 17 Agustus

0
6

Depok–Dalam Rangka Memperingati hari kemerdekaan RI ke 75 HARI dan sosialisasi gerakan administrasi kependudukan (Gisa), Wali Kota Depok, Parah Camat dan Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) Kota Depok menyerahkan 100 e-KTP bagi 100 warga yang berumur 17 tahun dan lahir ditanggal 17 Agustus 2003.Penyerahan tersebut dengan cara mendatangi langsung rumah warga.

Wali Kota Depok, Muhammad Idris mengatakan pembagian e-KTP ini sebagaimana salah satu upaya untuk memberikan pelayanan administrasi kepemimpinan yang membahagiakan masyarakat.

” Kegiatan ini juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat bahwa dokumen kependudukan itu adalah hak bagi warga negara mulai baru lahir sampai dengan meninggal dan semua warga membutuhkan dokumen data kependudukan yang pribadi dan peristiwa penting dalam kehidupan,”katanya. Senen (27/8/2020).

Berangkat dari itu Idris menghimbau
Kepada wargan yang mengurus dokumen kependudukan dan melàkukan pemuktahiran datanya secara mandiri tidak menggunakan calo karena bisa dilakukan pendaftarannya dirumah saja dengan pelayanan online/digital.

” Jadi pelayanan kependudukan gratis tidak dipungut Biaya. Dan jika ada aparat kami yang minta biaya silakan lapor ke kami melalui layanan pengaduan dan kami akan tindak dengan tegas kepada petugas tersebut,”ungkapnya.

Selain itu dalam rangka gerakan Indonesia sadar adminduk terutama
seluruh warga, aparat dan dunia usaha bahwa sadar untuk memiliki dokumen kependudukan dan sadar untuk melakukan pemuktahiran data dan perubahan data dan perubahan peristiwa penting dalam kehidupan.

” Selanjutnya harus sadar untuk memanfaatkan data kependudukan ( pendekatan kebijakan satu data/ one data policy dan sadar melayani administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat,”katanya.

Disamping itu disampaikan pula dalam rangka pelayanan yang memudahkan bagi masyarakat berdasarkan Permendagri No :109 TAHUN 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan bahwa sejak tanggal 1 Juli 2020 bahwa dokumen kependudukan dan pencatatan sipil selain KIA dan e-KTP bentuk dokumen sudah berbentuk kertas putih HVS ukuran A480 gram yang ditanda tangani berkode tanda tangan elektronik (TTE)

” Dan melalui pelayanan online digital masyarakat bisa mendapatkan dokumen resmi tersebut dalam bentuk PDF fan bisa di print sendiri dimana saja,”bebernya.

Lanjutnya untuk mengetahui keabsahan dokumen tersebut dapat dilakukan cek berkode melalui aplikasi QR Code atau Versy DS pada Hp android masing-masing Warga.

” Semoga pelayanan e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya kepada warga akan menjadikan tepat waktu fsn sesuai standar pelayanan. Dan diingatkan kepada warga yang sudah berusia 17 tahun aga segera melakukan perekaman e-KTP di Kelurahan terdekat,”pungkasnya.