Kabar Depok

UI Berpuisi Merayakan Kemerdekaan ke-75 RI

Depok–Masih dalam semarak HUT ke-75 Republik Indonesia, 50 sivitas akademika dan pimpinan Universitas Indonesia (UI) membaca puisi-puisi bertemakan kemerdekaan secara daring. Ke-50 sivitas akademika tersebut diantaranya Ketua Majelis Wali Amanat (MWA UI) Saleh Husin, Ketua Senat Akademik (SA UI), Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, MSc., MPHil., Ph.D, Ketua Dewan Guru Besar (DGB UI), Prof. Harkristuti Harkrisnowo, SH, MA, Ph.D, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D, para Wakil Rektor UI dan Sekretaris Universitas, para dekan, 28 Guru Besar UI, serta dosen dan alumni UI. Pembacaan puisi ini dilakukan secara bergiliran via zoom, pada 22 Agustus 2020.

Sebagian besar pembaca puisi memilih puisi karya penyair kenamaan Indonesia. Puisi karya Taufiq Ismail menjadi puisi yang paling banyak dibacakan oleh para peserta, yaitu sebanyak 8 puisi. Selanjutnya, masing-masing 6 puisi karya Chairil Anwar dan Sapardi Djoko Damono turut dibacakan oleh para peserta. Puisi lainnya yang dibacakan adalah karya K.H. Mustofa Bisri (Gus Mus), W.S. Rendra, Sutardji Calzoum Bachri, Toto Sudarto Bachtiar, Asrul Sani, Usmar Ismail, Sitor Situmorang, Sukanto S.A., Rayhandi, dan Joko Pinurbo. Satu peserta membacakan karya penyair asal Amerika, Douglas Malloch (1877—1938).

Yang menarik, pembaca puisi tidak hanya menyampaikan puisi karya sastrawan bangsa, namun ada lima orang sivitas akademika UI yang membacakan puisi hasil perenungannya tentang kemerdekaan. Ada pula yang membacakan lagu nasional terkenal karya H. Mutahar dan Ismail Marzuki. Tidak hanya puisi, ada juga yang membacakan mini prosa atau cerpen naratif, yaitu tulisan cerpen yang dibacakan dengan gaya puitis, serta membacakan teks lagu “Tak Kan Berpaling dariMu”, yang dipopulerkan penyanyi Rossa.

“Peringatan kemerdekaan tahun ini sangat berbeda, karena kita tengah berada pada situasi pandemi, namun capaian kemerdekaan ke-75 tahun ini patut disyukuri, dihayati, dan direfleksikan. Kepesertaan pembaca puisi ini bersifat terbuka dan sukarela,” kata Dr. Ade Solihat, S.S., M.A, salah seorang Pengajar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI yang terlibat dalam persiapan acara Virtual Poetry Reading ini.

Penggagas kegiatan, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M. menuturkan, “Virtual Poetry Reading ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa cinta tanah air dan penghormatan yang luhur kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.”

“Kegiatan ini juga penghormatan dan apresiasi kepada para penyair Indonesia yang telah bercerita tentang perjalanan kemerdekaan ini dari masa ke masa. Kita dapat memahami perjalanan kemerdekaan Indonesia dari puisi-puisi yang ditulis para penyair yang berbeda-beda generasinya,” kata Prof. Riri yang merupakan Guru Besar Teknik Komputer, Fakultas Teknik UI ini.

Selaku penggagas dan motor penggerak yang menghimpun puluhan guru besar dan dosen serta alumni UI, Prof. Riri telah sukses menggelar dua kegiatan untuk mengapresiasi sastra secara daring. Kegiatan pertama adalah acara Tribute to Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono, tokoh sastrawan Indonesia, yang dilakukan dengan membacakan puisi-puisi karya almarhum secara virtual melalui zoom pada 25 Juli 2020.

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close