Kabar Utama

Rektor UI: Pemerintah Harus Ambil Langkah Strategis Gerakkan Kembali Ekonomi Ditengah Pandemi

KABARLAGI.COM, Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro menuturkan stabilisasi dan keseimbangan antara supply dan demand menjadi kunci dalam menunjang ketahanan logistik di sektor industri ditengah Pandemi Covid-19.

Ari menyampaikan, kebijakan pajak merupakan salah satu instrumen yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan tertentu, termasuk mendorong pertumbuhan perekonomian dan performa pelaku logistik di sektor transportasi.

“Namun di sisi lain, dalam perspektif pemerintah, pemungutan pajak harus dilakukan secara efisien sehingga tidak mengganggu fungsi utama pajak dalam menghasilkan penerimaan negara (aspek revenue productivity) yang berkesinambungan,” kata Ari dalam dalam webinar series 6: Ketahanan Angkutan Logistik pada Masa Covid-19 yang digelar oleh Universitas Indonesia (UI), Jumat (25/9/20).

Lebih lanjut Ari menjelaskan, perspektif ini semakin memperkuat urgensi perumusan kebijakan pungutan negara yang mampu mendukung ketahanan sektor logistik tanpa mengabaikan kepentingan negara untuk mendapatkan penerimaan dari pungutan negara dalam jangka panjang.

Untu itu, kata Ari langkah-langkah strategis perlu diambil oleh pemerintah untuk menggerakkan kembali roda perekonomian sekaligus mendukung keberlangsungan operasional bisnis di berbagai sektor.

“Namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dunia dan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” tandasnya.[]

Tagar

Related Articles

Back to top button
Close