Soal Pemutaran Film G30S/PKI, Mahfud MD: Tidak Perlu Dipermasalahkan

0
4

KABARLAGI.COM, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan pemerintah tidak pernah melarang atau pun mewajibkan menonton film G30S/PKI.

“Pemerintah tidak “melarang” atau pun “mewajibkan” untuk nonton filem G 30 S/PKI tersebut. Kalau pakai istilah hukum Islam “mubah”. Silakan saja,” kata Mahfud melalui akun Twitter @mohmahfudmd dikutip kabarlagi, Senin (28/9/20).

Untuk itu, Mahfud mempersilahkan stasiun televisi yang ingin menayangkan ulang film tersebut.

“Untuk TV-TV (termasuk TVRI) mau tayang atau tidak, juga tergantung kontraknya dengan pemegang hak siar sesuai pertimbangan rating dan iklannya sendiri-sendiri,” katanya.

Lebih lanjut Mahfud mengatakan film G30S/PKI tidak perlu dipermasalahkan. Sebab kata dia tanpa diputar di telivisi pun, masyarakat saat ini bisa menonton melalui platform digital seperti YouTube.

“Mengapa soal pemutaran film Pengkhianatan G 30 S/PKI diributkan? Tidak ada yang melarang nonton atau menayangkan di TV. Mau nonton di Youtube juga bisa kapan saja, tak usah nunggu bulan September. Semalam saya nonton lagi di Youtube. Dulu Menpen Yunus Yosfiyah juga tak melarang, tapi tidak mewajibkan,” katanya.