Kabar Utama

Tanggap Covid-19, Gerakan TurunTangan Serentak Membagikan Sembako di Empat Daerah

KABARLAGI.COM, Penyebaran virus Corona di Indonesia semakin meluas, tercatat pada 28 September 2020 ada total 278.722 kasus yang terkonfirmasi positif.

Selain berdampak pada kesehatan, virus ini juga berdampak kepada ekonomi masyarakat kecil sehingga pendapatan mereka juga semakin menurun.

Kondisi yang sulit saat pandemi menggerus perekonomian terutama untuk masyarakat menengah ke bawah. Pekerja informal banyak yang pendapatannya menurun dan situasi memaksa mereka untuk terus bekerja di luar rumah.

Oleh karena itu, TurunTangan berinisiatif untuk membantu mereka bertahan di situasi kritis saat ini. 

Gerakan TurunTangan adalah sebuah inkubasi kepemimpinan pemuda dengan pendekatan gerakan kerelawanan sejak tahun 2013.

Hari ini, sebanyak 63 kota/kabupaten se-Indonesia telah bergerak di bidang pendidikan, lingkungan, sosial kemanusiaan, edukasi politik, dan kesehatan.

Tercatat lebih dari 53.000 relawan yang telah memilih untuk terlibat. Pada tanggal 27 September 2020, TurunTangan daerah di Banjarmasin, Parigi, Magelang, Lhokseumawe serentak membagikan ratusan paket sembako di daerahnya masing-masing.

Kegiatan ini adalah buah hasil dari galang dana yang digelar oleh Raffi, Gigi, dan Rafathar melalui Kitabisa.com. Masing-masing daerah membagikan sembako senilai Rp.10.000.000.

Target mereka dalam membagikan sembako adalah masyarakat yang kurang sejahtera dan belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, kelompok rentan seperti kaum disabilitas, lansia, dan pekerja informal seperti pemulung, dan lain-lain.

Dalam membagikan sembako, relawan langsung mendatangi satu persatu target penerima manfaat mereka untuk menghindari kerumunan dan tetap menjaga protokol saat berkegiatan.

“Berinteraksi secara langsung dengan mereka yang membutuhkan adalah pengalaman yang berharga untuk kami. Hal tersebut membuat kami bersyukur serta memberikan dorongan yang kuat bagi kami sebagai relawan terus membantu,” kata M.Fadal, salah satu relawan Parigi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (29/9/20).

Harapannya, ke depan kegiatan ini dapat memantik kepedulian lebih banyak orang baik untuk terlibat dan tidak memilih diam, karena pandemi ini bukan hanya urusan otoritas pemerintah, melainkan masalah kita bersama.[]

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close