Kabar Utama

Mahasiswa KTTI UI Ajak Santri Ponpes Ibnu Sina Bogor Lawan Covid-19

KABARLAGI.COM, Mahasiswa Program Studi Kajian Wilayah Timur Tengah dan Isam (KTTI) Peminatan Ekonomi Syariah Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) menggelar pengabdian masyarakat (Pengmas) UI di pondok pesantren Ibnu Sina di Jl. Raya Cikampak Jl. Raya Segog, Cibening, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
 
Pengmas UI bertajuk ‘Aksi UI untuk Negeri, Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Lingkungan Pesantren pada masa Pandemi Covid-19’ ini berlangsung melalui daring dan luring dengan mematuhi protokol kesehatan.
 
Tim mahasiswa KTTI SKSG UI yang terdiri dari Zulhendra, Fachry Ganiardi, dan Ajeng Qurrota A’yun, ini memberikan literasi berupa kiat menerapkan protokol kesehatan di kalangan santri ponpes Ibnu Sina.
 
Pembina pengmas KTTI UI, Dr. Nurwahidin dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam masa Pandemi Covid-19 ini kita harus menjaga lima unsur, yaitu iman, ilmu, ikhtiar, ikhlas, dan imun.
 
“Lima unsur tersebut penting untuk dilakukan oleh kita sebagai hamba Allah di dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” kata Dr. Nurwahidin dalam keterangannya, Kamis (15/10).
 
Dr. Nurwahidin mengatakan, beberapa daerah di Jawa Barat mulai menerapkan tatanan kenormalan baru (new normal), termasuk kegiatan ibadah dan pendidikan yang ada di pesantren dengan santri yang bermukim.
 
Sejumlah protokol khusus terkait operasional ponpes di masa pandemi Covid-19  telah diterbitkan pemerintah Provinsi Jawa Barat, seperti Keputusan Gubernur (Kepgub) No 443/Kep.326-Hukham/2020 tentang Perubahan atas Kepgub Jabar No 443/Kep.321-Hukham/2020 tentang Protokol Kesehatan untuk Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Lingkungan Pondok Pesantren.
 
“Sosialisasi lebih lengkap dan detail terkait protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru di pesantren dalam menangani Covid-19 perlu digencarkan,” imbuhnya.
 
Adapun webinar yang digelar tim pengmas KTTI UI bertajuk ‘Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Pencegahan Covid-19’ dengan pemateri Ketua Himpunan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dan Fasilitator PIK-R Ranggung, Ns. Arjuna.
 
Anggota pengmas KTTI UI, Febryana Rizka berharap semoga dengan diadakannya pengmas KTTI UI bisa membantu meningkatkan literasi santri dalam memahami dan melakukan protokol pencegahan Covid-19 di pesantren.
 
“Tim pengmas KTTI UI juga memberikan bantuan berupa fasilitas berupa masker, dan bantuan buku sebagai referensi para santri,” tandasnya.
 
Sementara itu, pimpinan ponpes Ibnu Sina, Kabupaten Bogor, Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan adaptasi kebiasaan baru di pesantren. Karena itu, pihaknya mengapresiasi upaya tim pengmas KTTI UI yang melakukan literasi penanganan Covid-19 di pesantren.
 
“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa UI yang sudah memberikan paket berupa masker yang diberikan dalam bentuk simbolis,” ujarnya. ***

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close