Kakanwil HUKUM dan Ham Banten Perintahkan Petugasnya Pastikan Kebenaran Penemuan Chai Chang Pan

0
43

KABARLAGI.COM, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hukum dan HAM Provinsi Banten, R Andika Dwi Prasetya mengaku legah dengan kabar penemuan narapidana Cai Chang Pan yang dikabarkan melarikan diri pada 14 September 2020 lalu. Meski saat ditemukan, Chain Cang Pan telah tewas dalam kondisi gantung diri di gudang pembakaran ban di Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Andika mengatakan dirinya telah meminta jajaran untuk mengecek langsung kabar penemuan tersebut agar memastikan bahwa yang bersangkutan merupakan Cai Chang Pan.

“Saya sudah perintahkan jajaran Lapas Kelas 1 Tangerang untuk mengecek langsung kabar tersebut tentunya dengan malakukan koordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya dan Polres Metro Tangerang yang juga menjadi tim gabungan pengejaran yang bersangkutan,” kata Andika saat dihububungi, Sabtu (17/10/2020)

Andika juga menjelaskan bahwa dirinya masih belum bisa memberikan statment tentang kebenaran jasad yang ditemukan tersebut adalah benar Chai Chang Pan atau bukan.

“Tapi tadi Kalapas telepon saya, saya juga tanya tingkat keakurasiannya bahwa itu Cai Chang Pan bagaimana. Dan beliau mengatakan berdasar yang dilapangan bahwa tatonya yang ada di tubuh kanan kirinya sama yang ada di data di lapas. Namun untuk memastikan lagi, kita tunggu hasil otopsi yang bersangkutan termasuk apakah nanti ciri-ciri tubuh dan tanda lahirnya, sidik jari, tinggi badan dan umur sama dengan apa yang ada di data. Dan untuk sekarang kita masih belum bisa memastikan 100 persen yang bersangkutan adalah Cai Chang Pan sebelum nanti hasilnya pemeriksaannya keluar,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan bahwa narapidana Cai Chang Pan ditemukan dalam kondisi tewas karena gantung diri di gudang pembakaran ban di Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (17/10/2020) sekitar pukul 10.30 WIB pagi.

Berdasarkan keterangan itu, Gudang tersebut ada dalam areal pabrik ban di Jasinga yang juga masih masuk dalam area hutan di Bogor.[] Jhn