Memasuki Ramadhan, Yayasan Berdaya Sesama Luncurkan DPR

0
90

KabarLagi.Com – Menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H , Yayasan Berdayakan Sesama (YBS) meluncurkan berbagai program salah satunya yaitu Dapur Pangan Ramadhan  (DPR).

Proses peluncuran program DPR ini berlangsung sederhana yang bertempat di Depan Gedung Narmada Convention Hall (NCH) Mataram. DPR  diresmikan bersama dengan tim kitabisa.com dalam hal ini diwakilkan oleh Bayu Diktiarsa Pratama selaku NGO Lead Indonesia Timur -kitabisa.com.

Pria yang akrab disapa Mas Bayu itu tampak sangat antusias mengikuti acara peresmian walau pada waktu bersamaan sedang menyandang status sebagai mempelai pria yang sedang melangsungkan resepsi pernikahan.

Mas Bayu bersama istrinya turun dari pelaminan menuju arena launching 4 armada Dapur Pangan Ramadhan (DPR) yang siap bergerak menjemput donasi dan menyalurkan donasi makanan siap saji dari sahabat dermawan yang ingin memberi makan untuk mereka yang sedang berpuasa guna turut berkontribusi menyebarkan kebahagiaan bagi kaum dhuafa (yang membutuhkan) di bulan suci Ramadhan.

Direktur Utama YBS, M. Fahrurrozi menyebutkan program DPR akan diprioritaskan bagi mereka yang membutuhkan seperti  lansia , yatim dhuafa dan para pekerja kuli, buruh dan pemulung yang kerap kali tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

“Dan khusus kepada para dermawan ada nilai yang sangat berharga untuk kita sama-sama berburu pahala terbaik selama Ramadhan, salah satu inspirasi program DPR ini adalah berdasarakan hadist Rasulullah saw: “Barangsiapa memberi makan (berbuka) yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun”(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad),”ungkapnya. Kamis 8 April 2021.

Program ini juga kata M. Fahrurrozi memberikan kesempatan bagi seluruh kaum muslimin mengumpulkan dan panen pahala sebanyak mungkin. S

“angat luar biasa. Ini merupakan satu dimensi sosial multimanfaat, baik untuk mereka yang membutuhkan ataupun untuk para aghnia (dermawan) yang ikut andil”, imbuhnya.

Selain itu Program ini didasari oleh besarnya pengaruh pandemic covid 19 yang telah merenggut beberapa sendi kehidupan sebagian besar masyarakat, terutama bagi masyarakat dhuafa, fakir miskin dan anak-anak yatim, baik yang ada di Nusa Tenggara Barat maupun di Indonesia pada umumnya.

M Fahrurrozi menambhakan pada bulan suci Ramadhan ini pihaknya mengangkat tema “Ramadhan 183” Berburu Pahala Terbaik. Tema ini mengandung makna, 183 adalah salah satu ayat dalam Albaqarah. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu (diantara umat manusia) agar kamu bertaqwa “. ( Q.S. Albaqarah : 183 )

Angka 183 juga melambangkan program Ramadhan Yayasan Berdayakan Sesama (YBS) yaitu 1 Program Utama, 8 Program Unggulan Dan 3 Program Istimewa.***