Ini Yang Dilakukan Dinsos Depok Kembalikan Kepercayaan Diri Para PMKS

0
2

Depok– Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok terus melakukan berbagai terobosan dalam mengembalikan kepercayaan diri Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Terobosan yang dilakukan yaitu membina para PMKS

Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial Pada Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Depok, Dede Rusto mengatakan, pembinaan rutin digelar untuk mengembalikan kepercayaan diri dan menghilangkan stigma negatif pada anak jalanan. Terlebih, permasalahan sosial di masyarakat terjadi setiap waktu.

“Dinsos berupaya memberikan pembinaan kepada anak jalanan dan para pengamen, agar tidak turun ke jalan, baik yang baru maupun yang sudah sering terjaring oleh kami”ujarnya.

Selain melakukan pembinaan agar tidak lagi turun kejalan, pihaknya juga memberikan berbagai pengetahuan dari sisi rohani, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Jadi tujuannya agar mereka sadar akan potensi mereka. Bahwa mereka bisa kembali untuk melanjutkan hidup dan meraih cita-cita mereka,”ungkapnya.

Dijelaskan Dede pembinaan yang dilakukan tiga kali dalam setahun. Program ini dikhususkan bagi para PMKS yang melakukan aktifitas di Kota Depok.

“Dalam satu tahun kurang lebih 3 kali kami melakukan pembinaan.,” katanya saat dikonfirmasi. Selasa (26/11/2019).

Dirinya menjelaskan, pihaknya berupaya agar para anak jalanan yang putus sekolah dapat meneruskan pendidikannya. Sedangkan bagi yang berusia produktif dapat bekerja sesuai bidangnya dan tidak turun kembali ke jalan.

Dirinya menambahkan, Pemkot Depok terus memberikan perhatian kepada anak jalanan. Baik dari sisi pendidikan maupun wadah bagi mereka untuk mencari nafkah/mengamen. Bahkan, Dinsos Depok telah bekerja sama dengan Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur, Bekasi untuk memberikan pelatihan keterampilan bagi para PMKS.

“Mengirim mereka ke balai tidak boleh berdasarkan pemaksaan. Kami berusaha mendorong, agar mereka mau hidup lebih baik lagi,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here