Kabar Utama

Rektor UI: Diperlukan Upaya Terobosan Agar Bisnis Pesantren Tetap Berjalan

KABARLAGI.COM, Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Ari Kuncoro mengatakan, berdasarkan Pangkalan Data Pondok Pesantren yang dikelola oleh Kementerian Agama terdapat sekitar 29.967 pesantren yang terdaftar di seluruh Indonesia, dan 12.663 pesantren memiliki sekolah formal.

Menurut Ari Kuncoro, jumlah yang banyak ini merupakan potensi bagi pengembangan karakter sekaligus pengembangan potensi ekonomi jika sumber daya manusia di pesantren dikelola dengan baik. Namun demikian, sejauh ini potensi ekonomi pesantren belumlah optimal.

Ari Kuncoro menegaskan, banyak pesantren yang belum memiliki usaha yang bisa mendukung keberlangsungan kegiatan pesantrennya, terdapat pula pesantren yang tergantung kepada sumbangan dari berbagai donatur.

Pandangan tersebut dikemukakan Ari Kuncoro saat berbicara dalam peresmian secara daring ‘Program Pengembangan Potensi Santripreneur Berbasis UKMK Sawit sebagai Program Pemberdayaan Ekonomi Daerah’ yang diprakarsai oleh Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PEBS FEB UI) bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan dan didukung oleh Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Kamis (01/10).

“Bahwa pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini telah menggoyang perekonomian pesantren. Untuk itu, diperlukan upaya terobosan pendampingan untuk mengatasi keadaan tersebut sehingga bisnis pesantren tetap berjalan,” tegas Ari Kuncoro.

Lebih lanjut menurutnya, selain sebagai pusat pendidikan keagamaan, pondok pesantren juga berperan besar dalam pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Potensi ekonomi pesantren cukup luas, yaitu di sektor perkebunan, peternakan, agribisnis, maritim, koperasi, UKM, ekonomi syariah, vokasional, teknologi, pusat kesehatan, olah raga, seni budaya dan lainnya,” tandasnya.

Hadir dalam peresmian daring tersebut, antara lain Menteri Keuangan RI sekaligus Ketua Umum DPP IAEI Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Selatan, serta Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono.

Redaksi Kabarlagi

Media Kabarlagi.com merupakan Media dibawah PT. Media Kabar Sejahtera yang memberikan informasi dan berita terpercaya.

Related Articles

Back to top button
Close